Tak Berkategori  

Festival Panah Tradisional Mentawai Unik di Dunia


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/admin/domains/kabardaerah.com/public_html/sumbar/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 95

Mentawai, KD –Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga Kabupaten Kepulauan Mentawai mengelar Festival Memanah Tradisional yang di buka oleh Wakil Bupati Kortanius Sabaleake di Lapanggan Bola Kaki Desa Muntei Kecamatan Siberut Seletan,Kabupaten Kepulauan Mentawai diikuti seratus peserta pemanah yang mendaftar, peserta yang ikut mewakili seluruh Kecamatan se Mentawai Rabu (26/ juli 2017).

Wakil bupati Kortanius Sabaleake dalam sambutannya mengajak Pemuda dan Pemudi dan masyarakat Mentawai, agar melastarikan Budaya memanah Tradisional ini, menjadi kebiasaan hidup sehari hari karena Adat Mentawai selalu berburu melalui panah, dan melambangkan kehidupan rakyat Adat yang harus dilestarikan.

Kortanius menambahkan,,memanah itu tak lepas dari kehidupan masyarakat Mentawai, setiap hari selalu terlibat dengan kegiatan berburu, “buruan Rusa ,Babi,dan Moyet,” dilakukan masyarakat Mentawai.

Wakil bupati mentawai juga berkata saat berburu harus mempunyai target yang jelas begitu pulah dengan kehidupan yang ada di tengah tengah Rakyat Mentawai.

Didalam kehidupan kita semua di Mentawai,rakyat Mentawai harus mengejar ketertingalan di semua bidang yang terjadi di Mentawai kita harus ambil bagian untuk mengambil peran agar mempercepat pemangunan daerah Mentawai dengan simpol Adat Memanah ini tegasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga Kabupaten Kepulauan Mentawai Desti Siminora mengatakan,Pestival Panah Tradisional Mentawai untuk memperkenalkan Adat memanah di Dunia luar dan wisatawan Asing local yang Sangat unik.

Desti menerangkan, Panah Mentawai ada yang sangat beracun dan ada yang tidak beracun. Dua, kelas dewasa dan anak anak di perlombakan dengan sarat sarat yang sangat ketat agar tidak di salah gunakan. Dan menjadi ikon daerah mentawai unkapnya.

Proses peracikan pembuatan panah beracun di peragakan oleh Sikerei tertua di saat pertandingan akan dimulai, dan menjadi garis aturan yang telah di sepakati oleh semua peserta di dalam mengikuti pertandingan memanah Tradisional tahun ini.

Tarian muturuk Lagai Mentawai koliner tradisional,mentato tradisional yang di lakukan oleh Sikerei dan sufenir cirri has mentawai.

Pestival Memanah Tradisional Mentawai ini dihadiri Kapolres Mentawai Kasdim Danlanal pimpinan Garuda Sumbar Staf Ke Presidenan bidang wisata DRPD SKPD ketua suku pemuka Agama dan masyarakat punkasnya(heripamalis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *