Tak Berkategori  

Jalan Lintas Provinsi Sumatera Barat Menuju Provinsi Bengkulu Terban Sepanjang 15 Meter

Painan, Sumbar KD – Hujan Lebat yang mengguyur daerah Sumatera Barat beberapa hari ini, mengakibatkan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), di Kampung Jongah, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat, dengan Bengkulu, terban sepanjang lebih kurang 15 meter sejak Selasa malam.

“Jalan itu terban sekitar jam 23.00 WIB dan warga langsung memasang rambu-rambu sementara, dan hari ini kami telah memasang rambu-rambu permanen agar pengendara berhati-hati ketika melewati jalan itu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Pesisir Selatan, Nuzirwan di Painan, Rabu (29/11).

Ia menambahkan kejadian itu telah disampaikan ke Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Sumbar agar segera dilakukan perbaikan.

“Hingga sekarang tidak ada korban jiwa ataupun kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalan, namun jika dibiarkan tentu sangat berisiko bagi pengendara,” ujarnya.

Ia memperkirakan jalan tersebut terban akibat hujan yang terus menerus mengguyur daerah itu sejak Senin (27/11).

“Mungkin karena hujan sehingga tekstur tanah menjadi lunak dan tidak mampu menahan beban kendaraan yang melewati jalan di lokasi tersebut,” katanya.

Sementara itu, pada daerah setempat Rabu siang juga terjadi longsor di Bukit Ransam, Nagari Painan Selatan akibatnya Jalinsum yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Bengkulu tertutup material longsor.

Akibatnya terjadi kemacetan arus lalu lintas hingga satu kilometer lebih yang didominasi oleh kendaraan roda empat atau lebih.

Sementara sepeda motor masih bisa melewati material longsor dengan melewati sisi jalan.

Sumber : ANTARA SUMBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *