Tak Berkategori  

Bupati Pasaman Dinilai Sebagai Kepala Daerah Terbaik, Oleh Tim Provinsi Sumbar

SUMBAR.KABARDAERAH.COM—- Tim Provinsi Sumbar yang dipimpin pamong senior Basril Taher menilai Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis terbaik sebagai Kepala Daerah Pembinaan dalam Pengelolaan Dana Desa tahun 2017, di Aula Balerong Anak Nagari kediaman Bupati Pasaman, Senin (11/12/2017).

Basril Taher mengatakan, kepada kabardaerah.com tim penilai yang turun ke Kabupaten Pasaman terdiri dari Pamong dan wartawan senior.

“Penilaian dilakukan karena kita melihat nagari sudah melakukan pengelolaan dana anggaran yang sangat besar sehingga diperlukan pengawasan ekstra guna menghindari penyalahgunaan dan agar perangkat nagari jangan berurusan dengan pihak hukum karena persoalan penyalahgunaan dana desa ini,” ujarnya ke kabardaerah.com.

Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis, menyampaikan ucapan terima kasih dan kebanggaan atas kedatangan tim penilai.

“Ini merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan bagi kita, karena dinilai melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap nagari, terutama dalam mengelola dana desa atau nagari. Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi,

Bupati juga mengatakan, Evaluasi terhadap pelaksanaan penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa melimpahkan tugas kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berwenang, pihaknya juga menyiapkan sejumlah regulasi, berupa Perda dan Perbup. Regulasi ini dimaksudkan agar walinagari dalam menggunakan dana desa sesuai dengan aturannya.

Bahkan, Pemkab pasaman menjalin kerja sama dengan aparat penegak hukum, serta membentuk tim sesuai fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan keuangan nagari.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten pasaman juga telah memberikan berbagai pembinaan dan pengawasan kepada pemerintah nagari untuk meningkatkan kapasitas aparaturnya.

“Dalam pembinaan, kita melaksanakan sosialisasi, dan pelatihan untuk aparatur nagari agar transparan dalam pengelolaan keuangan, melalui sistem aplikasi e-planning. Sedangkan dalam pengawasan kita laksanakan secara berkala melalui Inspektorat,” ujarnya pula.

Dalam penilaian tersebut, Bupati Pasaman didampingi Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan walinagari se-kabupaten Pasaman. (Yondra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *