Tak Berkategori  

Festival Batang Sinuruik Sukses Diselenggarakan

Pasbar, SumbarKD,— Festival Batang Sinuruik, Mambangkik Batang Tarandam. Acara ini digelar dari hari Jumat tanggal 1 hingga minggu malam tanggal 3/12/2017 bertempat di Nagari Sinuruik, kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar)

Festival Batang Sinuruik, turut dihadiri wakil Ketua DPRD Pasbar, Fetris Okhtri Hardi, Walinagari Sinuruik, Ninik Mamak, Alim ulama, Tokoh masyarakat dan bundo kanduang, serta turut dimeriahkan seluruh masyarakat sekitar.

Bermacam ragam kesenian tradisonal minangkabau ditampilkan tata cara adat yang menggambarkan pada masa dahulunya kegiatan anak nagari di festival tersebut, seperti Bodia-Bodia Batuang, Malomang, Baronggeang, Bapidato Pasambahan dan Lagu Batang Sinuruik ciptaan Komponis Arifin Nur

Acara Festival Batang sinuruik adalah sebuah semangat untuk kembali melihat tradis adat yang pada gilirannya bisa kehilangan sebuah arti dan makna. Apabila tidak dibangkitkan kembali oleh generasi penerus,” tulis Ketua Forum Silaturahmi Anak Nagari Sinuruik, Drs,H.Baharuddin R, MM di akun sosialnya.

Mantan Bupati Pasaman Barat itu juga menguraikan, pentingnya arti kita mengadakan “Festival Batang Sinuruik”, sehingga Adat Basandi Syarak, Syarak Basandikan Kitabullah tetap hidup di Nagari sinuruik.

Sehingga tidak kehilangan arti dalam kehidupan bermasyarakat di Zaman modern ini,” urai mantan Bupati Pasbar yang akrab dipanggil Inyiak Bahar.

Nyiak Bahar juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan kepada anak nagari sinuruik yang telah menyukseskan acara ini, semoga acara festival batang sinuruik ini tetap berlanjut ditahun-tahun kedepannya,” ucapnya.

Sebagai tanda perhatian sebagai anak nagari atas kegiatan ini, inyiak bahar dan keluarga memberikan penghargaan dengan hadiah lomba pawai adat untuk juara I sebanyak Lima juta Rupiah.

Untuk juara II diberikan atas nama Forum Anak Nagari Sinuruik sebagai wadah pemersatu anak nagari sinuruik sebanyak Dua juta lima ratus ribu rupiah, Juara III diberikan Satu juta Rupiah.

Khusus pada lomba menembak Bodia-bodia Batuang, inyiak bahar memberikan untuk juara I Lima ratus ribu rupiah, Juara II Dua ratus lima puluh ribuH, untuk juara III diberikan seratus ribu rupiah. (Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *