Tak Berkategori  

Infrastruktur Wisata Dibangun, Pemkab Dharmasraya Mendapat Alokasi Dana Untuk Pengembangan Potensi Wisata

Dharmasraya, kabardaerah.com – Pemerintah Dharmasraya, Sumatera Barat mendapat alokasi dana dari pemerintah pusat bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membiayai upaya pengembangan berbagai potensi wisata di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda, dan Olahraga setempat, Sutan Henri di Pulau Punjung, Selasa, mengatakan dana tersebut untuk membiayai pembangunan infrastruktur wisata antara lain panggung kesenian, toilet, menara pandang, dan ruang ganti yang terdapat di sejumlah objek wisata daerah itu. Penggunaan itu dibagi dengan rincian Rp400juta untuk membangun ruang ganti toilet di kawasan Kompleks Candi Padang Roco, Candi Pulau Sawah, dan Ngalau Sungai Suko.

Lalu, Rp400 juta untuk pembangunan menara pandang di kawasan paralayang bukit tambun, Nagari (Desa Adat) Gunung Salasiah, Kecamatan Pulau Punjung, dan pembangunan panggung kesenian di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Simpang Silago sebanyak Rp300 juta.

Semua fasilitas yang akan dibangun tersebut diharapkan dapat mendukung pengembangan objek wisata itu. “Apalagi fasilitas wisata objek wisata belum lengkap bahkan sama sekali belum ada,” katanya.

Ia menjelaskan dipilihnya salah satu kawasan wisata kompleks Candi Padang Roco kerena objek wisata itu merupakan destinasi wisata yang bersejarah.

Candi Padang Roco merupakan salah satu satu peningglan kejaraan swarnabumi dengan ibu kotanya Dharmasraya, pernah dipimpin oleh Raja Aditiarwarman salah satu keturunan raja dari kerajaan Singosari, akibat serangan dari kerajaan china akhirnya ibukota pindah ke Pagaruyuang.

“Karena fokusnya memang wisata sejarah,” ujarnya.

Ia menambahkan dari DAK tersebut akan dibangun sejumlah fasilitas wisata yang dapat menghibur wisatawan yang berkunjung. *

 

Sumber: Antara Sumbar’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *