Tak Berkategori  

Bupati Pasaman Barat, Resmikan Gedung Polindes Pematang Jambu Nagari Kapa

SUMBAR.KABARDAERAH.COM— Bupati Pasaman Barat, H.Syahiran resmikan Gedung Polindes Pematang Jambu, Sekaligus MDST Pembangunan Fisik Nagari Kapa Tahun 2017.

Acara ini dilaksanakan di Pematang Jambu, Kejorongan Kapa Utara, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Pada hari Kamis, 18 Januari 2018.

Acara ini turut dihadiri oleh, Asisten II, Irwan, Dinas Kesehatan, Kabag Pemnag, Yonnisal, Forkopimcab Luhak Nan duo, Ketua Bamus Nagari Kapa, Samsiwan Rangkayo Mudo beserta jajaran, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pucuk Adat Nagari Kapa/ Ketua KAN Kapa, H.Alman Gampo Alam, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, PKK Nagari Kapa, Dai seNagari Kapa, Jorong seNagari Kapa, Tokoh Masyarakat dan turut diramaikan masyarakat pematang jambu.

Walinagari Kapa Yulizar, dalam sambutannya mengawali dengan ucapan rasa terima kasihnya kepada Bupati Pasbar, yang mana telah berkenan hadir meresmikan gedung polindes pematang jambu ini.

Dipaparkan, Nagari Kapa adalah wilayah masyarakat Hukum Adat yang berada dalam daerah Kabupaten Pasbar, dengan jumlah penduduk lebih kurang 11.836 Jiwa. Serta dengan luas wilayah lebih kurang 7.800 Hektar.

Nagari Kapa memiliki potensi Sumber Daya Alam seperti, Tanah, Sungai yang telah terkelola oleh masyarakat nagari dan investor.

Maka secara ekonomi, masyarakat nagari kapa menggantungkan harapannya pada hasil pertanian dan perkebunan.

Salah satunya di kejorongan Kapa Utara tepatnya dipematang jambu, yang merupakan sebuah daerah terpencil dinagari kapa, yang baru pada tahun 2014 daerah ini diterangi lampu pada masa jabatan Walinagari Lima (5) bulan dilantik.

Perkampungan Pematang jambu, memiliki jumlah penduduk lebih kurang 400 Jiwa dengan 150 Kepala Keluarga. Ekonomi masyarakat pematang jambu pada umumnya berkebun sawit.

“Namun akses jalan yang sangat memprihatinkan, masyarakat kesulitan untuk membawa hasil panen kebun mereka,” ungkapnya.

Walinagari berharap, dengan hadirnya Bapak Bupati Pasaman Barat dan melihat langsung keadaan daerah terisolir ini, bisa memprioritaskan pembangunan infrastruktur Jalan dikejorongan Kapa Utara ini lewat anggaran APBD Pasbar,” harapnya.

Yulizar juga menambahkan, para Anak Sekolah Dasar dipematang jambu, sangat berharap dibangunnya Sekolah Dasar jarak jauh di Pematang Jambu.

Masyarakat pematang jambu telah mengibahkan tanah untuk dibangunnya Sekokah Dasar tersebut. Bukan itu saja, masyarakat pematang jambu juga mengibahkan tanah untuk didirikan PAUD dan MDA,” tutup Yulizar.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, H.Syahiran dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasihnya dan Apresiasinya kepada Walinagari Kapa, yang mana walinagari memeratakan pembangunan disetiap kejorongan di Nagari Kapa.

Bupati juga berharap, agar pemerintahan Nagari Kapa tetap bekerja sesuai koridor dan petunjuk dari pemerintah daerah Pasbar, agar tetap saling bersinergi dan saling bahu membahu membangun kabupaten pasaman barat yang kita cintai ini.

Bupati juga menyampaikan kepada walinagari kapa, agar ditahun 2018 ini diproritaskan pembangunan akses jalan dan pembangunan sekolah dasar di pematang jambu ini, lewat dana ADD dan ADN juga akan diperbantukan dari APBD Pasbar.

Ditegaskan Bupati, jika ingin sekolah dasar dibangun di pematang jambu ini, masyarakat harus menyerahkan tanah ini ke Pemerintahan Daerah Pasaman Barat lewat pernyataan tertulis, agar bisa dianggarkan lewat dana APBD.

Bupati meminta, agar walinagari kapa memfasilitasi itikad baik masyarakat pematang jambu ini, karena ini termasuk program mencerdaskan anak bangsa.

Bupati juga menegaskan, dengan diresmikannya Gedung Polindes ini, masyarakat setempat dapat mempergunakan dan memanfaatkan sebaik-baik mungkin pelayanan dan fasilitas yang disediakan, jangan suatu saat menjadi bangunan yang tidak bermanfaat dan sia-sia,” tegas Bupati.

Selepas diresmikan Polindes Pematang Jambu oleh Bupati Pasbar, dilanjutkan dengan doa dan makan bersama.

(Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *