Tak Berkategori  

KPU Pariaman Imbau PPDP, Agar Sosialisasikan Gerakan Coklit Nasional

SUMBAR.KABARDAERAH.COM— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman ingatkan, agar PPDP benar-benar turun melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, pada gerakan coklit nasional 20 Januari hingga 18 Februari 2018 mendatang.

“PPDP jangan hanya mengandalkan data pemilih yang diberikan PPS kemudian menerka-nerka, tanpa mendatangi rumah warga melakukan coklit. Coklit itu penting kita lakukan untuk validasi data pemilih pada Pilkada 2018 ini,” ujar Divisi perencanaan program dan data KPU Kota Pariaman, Alfiandri Zaharmi, Kamis (18/1/2018).

Divisi Perencanaan KPU Kota Pariaman

Pada gerakan nasional coklit serentak ini, pihaknya melibatkan 171 orang petugas PPDP, yang telah direkrut oleh PPS sejak 19 Desember 2017 yang lalu. Pihaknya juga telah memberikan bimbingan teknis bagi PPDP yang akan melakukan pencoklitan.

“Dihari pertama coklit seluruh PPDP, PPS dan PPK wajib melakukan pencoklitan lima rumah yang ada di lingkungannya masing-masing.

Sedangkan untuk memonitor perkembangan pencoklitan, KPU Kota Pariaman mewajibkan PPDP, PPS dan PPK melaporkan ke KPU secara berjenjang,” ulasnya.

Alfiandri mengatakan, PPDP tidak hanya melakukan coklit atau pemutakhiran data pemilih saja, namun turut mensosialisasikan tentang tahapan dan mengajak masyarakat mennggunakan hak pilihnya. 

Untuk melakukan itu, PPDP juga harus menguasai informasi tentang tahapan dan teknis Pilkada 2018, termasuk bakal pasangan calon  yang telah mendaftar, parpol pengusung dan visi dan misi paslon nantinya.

“PPDP bertanggung jawab mengajak keluarga yang menjadi sasaran coklit untuk datang ke TPS menggunakan hak pilih 27 Juni 2018,” lanjut dia.

Pelaksanaan coklit yang dilakukan PPDP akan terus dievalusi. PPDP yang dinilai berhasil melakukan pencoklitan, akan dilibatkan sebagai petugas KPP menyelenggarakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS.  

Terakhir, Alfiandri mengajak jajaran PPL atau Pengawas Pemilu Lapangan ikut mengawasi proses pencoklitan ini.

(Afridon )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *