Tak Berkategori  

Media Merupakan Mitra Penting Pemerintah Dalam Pembangunan

Bogor, kabardaerah.com-Belum lama ini Aparatur Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sijunjung, Sumatera Barat bersama beberapa wartawan massa dan media online melakukan kunjungan studi komparatif ke Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setdko) Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/10).

Rombongan Humas dan Protokoler Kabupaten Sijunjung yang dipimpin langsung Kepala Bagian (Kabag) Henry Chaniago, S.Sos membawa rombongan yang terdiri dari Kasubag Humas Azneldi serta staf yang antara lain Sri Maryati, Djoni Deyuza, Dodon Afrianto, Oksa Oktafiani berikut 20 wartawan media massa dan online disambut langsung Kepala Bagian Humas dan Protokoler (Humpro-red) Kota Bogor, Endang Suherman beserta staf di ruang Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor.

Kabag Humas Kabupaten Sijunjung Henry Chaniago dalam kunjungan itu mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Humpro Kota Bogor yang membuatnya terkesan. Kunjungan ke Kota Bogor ini selain ingin bersilaturahmi dengan Humpro Kota Bogor juga untuk belajar terkait pelaksanaan hubungan pemerintah dengan media di Humpro Kota Bogor, jelasnya.

Karena Ia meyakini media memiliki peranan penting sebagai mitra pemerintah yang membantu menyukseskan pembangunan. Tak ayal, hubungan antara pemerintah dengan media tentu harus dijaga. Apalagi saat ini Kabupaten Sijunjung sedang gencar mempromosikan pariwisata yang ada di Sijunjung, yakni Geopark.

“Kami melihat Kota Bogor bagus dalam mengangkat pariwisatanya dan setelah mendapatkan pemaparan yang tadi dijelaskan itu akan jadi bahan ilmu untuk kami aplikasikan di Sijunjung, tentunya disesuaikan dengan kemampuan anggaran, kondisi dan personil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humpro Kota Bogor, Endang Suherman mengatakan, potensi paling menonjol dari Kota Bogor di sektor pariwisata ada di bidang jasa kuliner, hotel dan restoran. Setiap hari kerja (weekdays) hotel di Kota Bogor penuh digunakan untuk kegiatan rapat. Sementara restoran selalu ramai di akhir pekan (weekend). Dari hotel dan restoran-lah penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar.

“Selain mempromosikan pariwisata tugas Humpro Kota Bogor juga membantu tugas pimpinan, yakni Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah Kota Bogor dalam hal pemberitaan,” ujarnya.

Terkait hal pemberitaan, Kepala Sub Bagian Publikasi dan Berita, Humpro Kota Bogor, Abdul Manan Tampubolon mengatakan, di Humpro Kota Bogor mempunyai 11 tim peliput dan 4 fotografer. Tugas peliputan yang ada di Humpro, yakni meliput kegiatan pimpinan wali kota, wakil wali kota dan sekda atau yang mewakilinya. Peliput sehari-harinya turun ke lapangan, setelah selesai peliput menyusun berita untuk kemudian akan masuk ke meja editor.

“Kami memiliki empat editor, dua dari ASN dan dua non PNS. Editor ini bertanggung jawab terhadap konten berita. Setelah dari editor berita masuk ke website Pemkot Bogor. Dalam sehari ada lima sampai tujuh berita yang diupdate,” jelasnya.

Selain menghasilkan berita, Humpro Kota Bogor, Lanjut Manan, menjalin kerja sama dengan media. Kerja sama dengan media tersebut meliputi, penerbitan advertorial di 5 media cetak dan 16 media online, analisis media massa, temu redaktur dan pemred, langganan media cetak, pelaksanaan jumpa pers (sifatnya situasional dan sesuai permintaan pimpinan) dan pelaksanaan sosialisasi melalui radio dan TV. Kerja sama ini terbuka untuk seluruh wartawan baik di media cetak, online, lokal, nasional. Humpro juga berhubungan baik dengan organisasi atau aliansi wartawan.

“Kami berprinsip Humas itu layaknya seorang bapak, jadi kalau memang dikritik yang memang sesuai kontennya, ya tidak masalah, karena itu memang tugas pers. Tetapi kalau tidak sesuai kita bicarakan bersama,” katanya mengakhiri. Dtk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *