Tak Berkategori  

Pembukaan MTQ Ke 46 Pasaman Berlansung Khidmat

 

Pasaman.Kabardaerah.com  – Gubernur Provinsi Sumatera Barat diwakili Asisten II bidang ekonomi pembangunan, Ir. Beny Warlis MM, membuka secara resmi MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Pasaman di Kecamatan Dua Koto Senin (5/11/2018).

Tampak hadir, Kepala bidang penaizawa Kamenag Sumatera Barat, Sabar AS anggota DPRD Provinsi, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan, serta seluruh kepala OPD yang ada di Kabupaten Pasaman, Angota DPRD dapil Dua Koto, Ninik Mamak Dua Koto, Bundo Kandung, serta ribuan masyarakat Dua Koto ikut memeriahkan pembukaan ini.

Dalam kesempatan ini dilangsungkan pelantikan 137 anggota dewan hakim dan panitera musabaqah tilawatil quran nasional ke 46 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2018, yang dilatik secara langsung oleh Yusuf Lubis.

Ir. Beny Warlis MM, mengatakan, Penyelenggaraan MTQ merupakan komitmen dan konsisten pemerintah daerah bersama sama dengan sagala unsur masyarakat di Sumatera Barat. Dengan tujuan dapat meningkatkan kwalitas hidup masyarakat dengan upaya mengimplementasikan nilai nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an kedalam kehidupan duniawi.

Beny Warlis, mengatakan”, Semoga momentum ini dapat dimaknai sebagaian dari proses pencerdasan kehidupan beragama dalam kehidupan kita”. sembari menggajak seruluh yang hadir membacakan Al-Fatiha sebagai tanda dibukanya MTQ ini.

Yusuf Lubis, Bupati Pasaman mengatakan, MTQ ke 46 ini sudah melalui persiapan yang matang oleh panitia. “Serta proses pendtararan peserta melui aplikasi elektronik MTQ, jadi data dari peserta tidak bisa di palsukan, kata Bupati.

Pemda Pasaman sudah mempersiapkan hadiah kepada kecamatan juara dengan rincian hadiah sebagai berikut, juara umum 1 akan mendapatkan 1 ekor sapi seharga 20 Juta, untuk juara 2 satu ekor sapi seharga 18 juta dan juara 3 satu ekor sapi seharga 15 Juta. “Sementara untuk kecamatan yang prestasinya paling rendah akan diberikan satu ekor kambing sebut, Bupati Pasaman.

Ramsul Iklas, Camat Dua Koto dalam laporanya mengatakan, jumlah Khafilah sebanyak 548 peserta, Oficial 360 orang, panitia pelaksana 175 orang, dewan hakim dan panitra 146 orang, tim kerja 65 orang.

“Sementara pembiayaan MTQ ini bersumber dari DPA bagian kesra setda kabupaten Pasaman, ditambah sumbangan dari ASN dan pihak ketiga yang tidak mengikat, “kata Ramsul Iklas.

Adapun tempat dan lokasi MTQ ini tersebar di wilayahnl nagari yang ada di kecamatan Dua koto, tutup Ramsul. (hms/Yondra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *