PTSL Tahun 2018 meningkat, Bupati Pasaman H Yusuf Lubis serahkan Sertifikat kepada Masyarakat

Pasaman,kabardaerah.com–Ribuan masyarakat Pasaman tersenyum sumbringah. Pasalnya Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasaman membagikan sertifikat gratis melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di beberapa kecamatan di daerah itu.

Pembagian ini dilakukan secara simbolis loleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis didampingi Kepala BPN Pasaman, Hanif dan pejabat terkait lainnya di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Selasa (8/1).

“Yang kita bagikan saat ini merupakan program PTSL tahun 2018. Sebanyak 1049 sertifikar berhasil kita terbitkan demi terpenuhinya program pusat dalam adminitrasi pendataan lahan,” kata Hanif.

Tidak saja sertifikat program PTSL yang dibiayai dari APBN, sebanyak 740 sertifikat yang dibiayai dari DIPA Kanwil BPN Sumbar melalui program redistribusi tanah juga ikut dibagikan.”Jadi, total yang kita bagikan saat ini yakni 1989 sertifikat,” lanjut Hanif.
Diakui Hanif, untuk tahun 2019 ini, program serupa mengalami kenaikan. Ditargetkan sebanyak 3000 bidang tanah milik warga bakal diterbitkan sertifikat hak tanahnya.

“Alhamdulillah naik lebih dari 100 parsen dibanding tahun 2018. Kita juga senang, program PTSL ini mendapat dukungan penuh dari pihak nagari dan masyarakat” kata Hanif.

Pembagian sertifikat gratis dapat meminimalisasi kasus sengketa tanah juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebab, sertifikat bisa dijaminkan ke bank maupun lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Sementara itu, Bupati Yusuf mengapresiasi program sertifikat gratis yang digulirkan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla melalui kegiatan PTSL ini.

“Masyarakat merasa senang dan antusias dengan hadirnya pemberian sertifikat gratis itu. Selama ini, masyarakat Kabupaten Pasaman masih banyak yang belum memiliki sertifikat lahan,” kata Bupati Yusuf Lubis.

(Yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *