Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Gelar Sosialisasi

PADANG, kabardaerah.com- Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang akurat dan merupakan bukti dari kegiatan yang dilakukan.

Informasi yang terekam dalam media arsip menjadi kebutuhan bagi organisasi saat ini maupun yang akan datang yang harus tetap tersimpan dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Drs. Alwis dihadapan peserta Sosialisasi Kearsipan bagi sekretaris dan pengelola arsip Kelurahan tahun 2019 yang jumlah 40 orang di Hotel Grand Sari, Senin (11/03).

Sekda Provinsi Sumbar mengatakan, bahwa sebagai aparatur daerah arsiparis merupakan ujung tombak dalam reformasi administrasi pemerintahan dan pembangunan melalui pengelolaan arsip secara benar di satuan kerja masing-masing sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sosialisasi Kearsipan diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan bekal pengetahuan tentang kearsipan terutama bagi Sekretaris dan pengelola arsip.

Lebih lanjut Alwis mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar yang telah berprestasi dan menerima penghargaan Kearsipan kategori Baik tahun 2018 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Kami sangat bangga atas penghargaan tersebut ini suatu prestasi yang baik, semua ini tidak lepas dari perjuangan kita, yang terpenting bagaimana caranya kita bisa menjadi yang sangat baik atau mempertahankan kategori baik,” tambah Alwis.

“Kalau bisa rebut kategori sangat baik, jangan sampai prestasi ini turun, marilah kita buat terobosan baru agar masyarakat kita bisa lebih mudah dalam pelayan publik,” ujarnya.

Alwis berharap agar para peserta mengikuti acara sampai dengan selesai sehingga dapat menyerap dan menerapkan ilmu/pengetahuan yang diperoleh di masing-masing desa sehingga pengelolaan arsip desa menjadi lebih tertib dan teratur.

Sebelum pembukaan Ketua pelaksana Hj. Deviany A, A.Ing, MM melaporkan kegiatan ini merupakan sosialisasi Kearsipan bagi sekretaris dan pengelola arsip yangber ada di Kelurahan Kuranji dan Pauh dengan peserta sebanyak 40 orang.

“Kegiatan ini merupakan sebagai pembinaan administrasi desa yang khususnya yang berkaitan dengan bidang kearsipan. Salah satu aspek yang diharapkan mampu mendorong ke arah pemerintahan desa yang efektif adalah pembinaan sistem pengelolaan arsip desa,” kata Deviany.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Suwirpen Suib anggota DPRD Sumbar, Wardarusmen, SE, MM Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar dan peserta arsip dari kelurahan kota Padang.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *