Pasbar Lakukan Apel Siaga dan Simulasi Pemilu

PASBAR, kabardaerah.com- Apel kesiapsiagaan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) pada April mendatang di halaman kantor bupati Pasaman Barat (Pasbar), Kamis (22/3)bdihadiri oleh Bupati Syahiran dan Forkopimda.

Apel gabungan unsur keamanan Pemilu tersebut dipimpin oleh Kapolres Pasbar AKBP Iman Pribadi Santoso didampingi Perwira Penghubung Kodim 0305 Pasaman Mayor Idham Chalid.

Amanat Kemenkumham yang dibacakan oleh Kapolres Pasbar dihadapan peserta apel menekankan poin penting dalam menghadapi Pemilu nanti.

Pasalnya, Pemilu kali ini merupakan Pemilu yang cukup besar, karena dalam waktu yang bersamaan masyarakat memilih Presiden, anggota legislatif, mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi hingga pusat.

“Hari ini, kita bersama-sama unsur komponen bangsa TNI, Polri, Ormas, Linmas menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi Pemilu kelak. Sebab, Pemilu kali ini merupakan perhelatan demokrasi yang menjadi sorotan internasional. Sukses tidaknya demokrasi kali ini menjadi tolak ukur kita semua,” papar Iman Pribadi Santoso.

Ia menambahkan, apel yang serentak seluruh Indonesia tersebut juga menekankan kepada semua komponen bangsa untuk bersama-sama memerangi hoak. Tantangan kedepan yang akan dihadapi dalam berbagai bentuk kerawanan-kerawanan yang akan timbul dalam proses penyelenggaraan Pemilu. TNI/Polri bertanggung jawab dalam mengamankan Pemilu dan mengambil sikap jika terjadi pelanggaran serta kerusuhan.

“Semua komponen bangsa yang terlibat dalam pengamanan Pemilu agar menjalankan tugas dengan sebaik mungkin. Bagi TNI Polri tugas negara merupakan tanggung jawab yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh,” tandas Iman.

Yang paling penting, tegas Iman Pribadi Santoso tugas dalam mengamankan Pemilu serentak ini merupakan kehormatan dan menjadi ladang amal. Selain itu, jalin sinergisitas antar unsur pemerintah, ormas dan komponen masyarakat lainnya. Segera laporkan jika ada terlihat pelanggaran yang terjadi dan netralisir kemungkinan-kemungkinan yang akan mencederai penyelenggaraan Pemilu.

“Tindak tegas pelanggaran-pelanggaran dalam Pemilu. Babinsa dan Babinkamtibnas harus mampu menenangkan masyarakat dalam menerima informasi yang tidak benar,” tegas Kapolres.

Setelah apel kesiapsiagaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi dalam menghadapi kerawanan Pemilu yang diikuti oleh personil Polres dan Koramil serta anggota Satlinmas Pasbar. (kasi/ddr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *