Mufidah Kalla Resmikan Gedung Promosi dan Pusat Oleh-oleh Tanah Datar

TANAH DATAR,KABARDAERAH.COM- Isteri Wakil Presiden RI Mufidah Jusuf Kalla meresmikan Gedung Promosi dan Pusat Oleh Oleh Kabupaten Tanah Datar, Senin (08/04) di Batusangkar.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) itu juga membubuhkan tanda-tangan di prasasti bertanda gedung tersebut resmi digunakan.

Didampingi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Ketua Dekranasda Sumbar Nevi Irwan Prayitno, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua Dekranasda Tanah Emi Irdinansyah dan tamu undangan lainnya, Ibu Mufidah juga meninjau stand-stand hasil produk IKM Tanah Datar yang dipamerkan di Gedung Promosi itu. Antara lain produk kerajinan, tenun, songket, sulaman, batik, kuliner, sovenir dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Datar Emi Irdinansyah menyampaikan, jika gedung ini digagas untuk memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Diakuinya, saat ini jumlahnya cukup besar namun belum memiliki tempat untuk mempromosikan dan memasarkannya.

“Diantaranya peserta yang sudah dilatih di Sentra Tenun dan bisa menghasilkan produk sendiri tentu bisa memanfaatkan sebagai tempat promosi sekaligus tempat menjual produk-produknya dan tempat ini memang belum sempurna karena masih dalam tahap pembangunan, untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Tanah Datar yang telah mendukung program ini,” kata Emi Irdinansyah.

Ia juga berharap, bimbingan dan pembinaan secara berkelanjutan, baik yang dilakukan Dekranas Pusat maupun Provinsi Sumatera Barat untuk ke arah pembinaan yang lebih baik.

Lanjut Emi, saat ini terdata baru 47 IKM yang sudah mengirimkan produknya, untuk itu, ia juga menghimbau bagi IKM yang belum mengirim produknya, masih terbuka lebar untuk diterima.

“Gedung promosi ini wujud konektifitas antara hulu dengan hilir, mulai dari penyediaan bahan baku, pelatihan, proses produksi, pemasaran produk bahkan sampai daur ulang industri tersebut,” sampainya.

Bupati Irdinansyah usai acara menyampaikan, Pemerintah Daerah sangat mendukung kehadiran gedung ini, dan berharap kehadiran gedung ini diharapkan bisa memacu tumbuhkembangnya usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada.

“Potensi besar yang dimiliki Tanah Datar, semoga dapat tergali setelah adanya gedung promosi ini. Selama ini belum semua IKM memiliki tempat untuk mempromosikan dan memasarkan produknya, untuk itu kita beri kesempatan di tempat ini sehingga bisa semakin berkembang, salah satu IKM nantinya bisa melakukan perjanjian bisnis dengan pembeli yang datang, bisa langsung ke lokasi usaha,” ungkap Bupati Irdinansyah usai peresmian gedung promosi.

Untuk meningkatkan kualitas Sentra tenun ini, Kita bekerja sama dengan Yayasan Kriya Minangkabau di bawah pimpinan Bapak Fasli Jalal dan sentra tenun ini terbuka untuk umum, mari dukung dan ikuti pelatihan di sini untuk memperoleh kemampuan menenun dan lainnya untuk turut meningkatkan ekonomi kreatif Kita nantinya,” jelas Bupati.

Pada kegiatan itu juga ditandangangi MoU kerjasama, Dinas Koperindag Tanah Datar, Dinas Parpora dengan Ikatan Pariwisata Sumbar untuk mendukung kegiatan gedung promosi.

Salah satunya melalui kunjungan rombongan wisata baik lokal maupun mancanegara ke gedung ini.

Sebelumnya, Mufidah Jusuf Kalla dalam kegiatannya selama di Tanah Datar juga meninjau pelatihan tenun di Sentra Industri Tenun di Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo.

Dalam sambutannya, Putri asli Nagari Tanjung Bonai itu juga menghimbau seluruh Kabupaten dan Kota di Sumbar untuk memanfaatkan semaksimal mungkin sentra tenun.

“Memang secara fisik fasilitas pelatihan berada di Lintau Buo Tanah Datar, namun itu semua tidak hanya untuk masyarakat di sini saja, mari daerah lain di Sumbar untuk kirimkan utusannya belajar menenun di sini,” himbaunya.

Mufidah mengungkapkan, keahlian menenun disamping sebagai wujud pelestarian budaya juga bisa dijadikan sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi keluarga.

“Pembangunan sentra tenun di Lintau Buo ini, memang didasari keinginan untuk terus melestarikan kebudayaan menenun bagi gadis Minang, sehingga bisa mandiri dan memberikan nilai ekonomis,” katanya.

Pada kesempatan itu, Mufidah juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat, pemerintah Propinsi Sumbar, Kabupaten Tanah Datar, Dekranasda Propinsi dan Kabupaten serta pihak lainnya atas bantuan atas berdiri dan beroperasinya sentra industri tenun.

“Terima kasih atas dukungan kita semua, semoga sentra industri tenun ini semakin memberikan manfaat yang nyata bagi kita semuanya,” katanya lagi.

Mufidah juga berkesempatan meninjau rumah Elfian, warga Nagari Tanjung Bonai yang direhab melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR. Disamping itu, ia juga berkesempatan meninjau pembangunan Masjid Raya Tanjung Bonai sekaligus penyerahan 1.000 mushaf Alquran.

Turut mendampingi kunjungan kerja ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PANRB Syafruddin, Staf Khusus Wapres Syahrul Ujud, Ketua Yayasan Kriya Minangkabau Fasli Djalal dan pengurus Dekranas Pusat.

Serta turut hadir Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma beserta Wakil Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri, Ketua DPRD beserta isteri, Forkompinda, Bupati dan Walikota beserta Ketua Dekranasda se-Sumbar dan tamu undangan lainnya. (SW007/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *