Walikota dan Wakil Walikota Padang Terpilih Harus Jaga Keharmonisan

PADANG,KABARDAERAH.COM- Mahyeldi Ansharullah yang berpasangan dengan Hendri Septa, Walikota dan Wakil Walikota Padang terpilih untuk masa jabatan 2019-2024 dilantik Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di auditorium Gubernuran jalan Sudirman Padang, Senin (13/5).

Selain Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota, pada kesempatan itu juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda Kota Padang masa bhakti 2019-2024 oleh Ketua TP PKK Sumatera Barat.

Irwan Parayitno dalam sambutannya mengatakan, Walikota dan Wakil Walikota Padang yang baru saja dilantik agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik baiknya, demi kelanjutan pembangunan Kota Padang untuk masa masa mendatang karena Kota Padang adalah ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Ia juga mengharapkan agar program Visi dan Misi yang diusung dapat disejalankan dengan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Menurutnya Walikota harus berpedoman dan mengacu kepada kepada Visi dan Misi Gubernur agar terjadi singkronisasi dan harmonisasi dari daerah sampai ke pusat.

Begitu pula dengan program lintas provinsi dan linta sKabuaten/Kota agar bisa difasilitasi dan disinergikan dengan sebaik baiknya.

Tidak ada yang berjalan sendiri sendiri tanpa mengikuti arahan dan program dari pusat yang turun ke provinsi dan dari provinsi sampai ke kabupaten/kota, jelasnya.

Oleh karena itu Walikota harus berlari kencang menyelesaikan tahapan tersebut dan menyelasaikan RPJMD sesuai Visi dan Misi pada waktu kampanye yang lalu.

Selain dari itu, jelas Irwan Prayitno, Walikota dan Wakil Walikota harus mampu menggali dan memanfaatkan potensi daerah, sebagai sumber pendapatan bagi kesejahteraan Masyarakat.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tingkatkan rasa aman, kepastian hukum bagi para investor dan sektor swasta, sehingga aktivitas ekonomi semakin meningkat.

Dengan potensi sumber daya yang cukup lengkap merupakan daya tarik investasi yang menjanjikan diberbagai sektor. Untuk itu walikota dan wakil walikota harus dapat membenahi iklim investasi di daerah Kota Padang.

Irwan Prayitno juga mengatakan, pasangan Walikota dan Wakil Walikota harus menjaga keharmonisan dan menjadi dwitunggal dengan saling memperkuat dan melangkapi.

Walikota dan Wakil Walikota mempunyai tugas, wewenang, kewajiban dan hak yang diatur secara jelas dalam Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Ketidakharmonisan kepada daerah dengan wakilnya berdampak terhadap keberlangsungan pembangunan daerah, pemberdayaan masyarakat dan birokrasi akan tersendat dengan sendirinya.

Untuk itu pasangan Walikota dan Wakil Walikota Padang harus bisa menjaga keharmonisan dan menjadi dwitunggal dengan saling mempertkuat dan melengkapi, sehingga Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota dapat diwujudkan bersama.

Sementara itu Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran pemerintahan Kota Padang, para perantau Kota Padang, pengusaha yang telah berpartisipasi selama lima tahun masa jabatannya bersama Emzalmi.

Mudah mudahan untuk periode 2019-20124 mendatang sesuai dengan visi misi dia masih konsen kepada pendidikan dan perdagangan serta pariwisata yang dinaikkan gradenya.

Mudah-mudahan dengan dukungan masyarakat pendidikan di Kota Padang akan memiliki daya saing dan bisa bersanding dengan kota kota lainnya serta juga luar negeri.

Masalah Terminal tipe A di Anak Air, menurut Mahyeldi, pada tahun 2018 sudah ada anggaran masuk sebesar Rp 7,5 Milyar.

Pada tahun 2019 ini Pemko Padang akan tambah anggaran buat pembebasan tanah untuk akses ke terminal Anak Air dan pada tahun 2020 dari pusat juga akan menyediakan anggaran.

“Sehingga pada tahun 2021 Terminal Anak Air, demikian juga untuk terminal tipe C dalam kota, Pemko Padang juga akan berupaya untuk menyiapkannya,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu Wakil Walikota Padang terpilih Hendri Septa mengatakan, Ia sebagai Wakil Walikota akan bekerja secara maksimal untuk mewujudkan semua program unggulan yang telah disampaikan kepada warga kota padang. Termasuk Visi dan dan Misi yang telah disampaikan.

“Saya selaku wakil Walikota akan bersinergi dengan Walikota apa yang telah dijanjikan tersebut dapat terlaksana dengan baik,” kata Hendri Septa.

Pada Acara pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Padang tersebut juga dihadiri oleh anggota Forkopimda Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, Bupati dan walikota se Sumatera Barat Anggota DPRD Kota Padang para dan para Perantau Kota Padang serta undangan lainya. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *