Peran Organisasi Wanita Percepat ODF

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM- Kondisi sanitasi yang meliputi akses jamban di Sijunjung saat ini masih merupakan masalah yang dihadapi bersama baik pemerintah maupun masyarakat dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat.

“Pentingnya sanitasi ini demi menjaga kesehatan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup bagi penerus bangsa,” tutur Ny. En Yuswir Arifin dalam sambutannya di Gedung Pancasila, Senin (13/5) saat acara pertemuan PKK dan Organisasi Wanita dalam rangka percepatan Open Defecation Free (ODF) di Ranah Lansek Manih.

“Saat ini dikatakannya, hanya 32 Nagari yang sudah ODF, masih ada 30 Nagari lagi yang harus ODF untuk mencapai 100% ODF di Kabupaten Sijunjung,” terangnya.

Untuk itu, Ia berharap kepada setiap organisasi wanita se-kabupaten Sijunjung agar membuat program khusus dalam mensukseskan 100% ODF.

Sementara itu, Direktur Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumbar, Firdaus Jamal mengatakan sanitasi dan ketersediaan akses jamban yang memadai di Kabupaten Sijunjung masih diangka 81,76%. Dari angka 81,76% persen tersebut, belum termasuk sanitasi total, melainkan baru ketersedian akses jamban yang memadai.

“Kita berharap, angka 81,76% untuk Sijunjung ini bisa terus meningkat hingga 100% dan terwujudnya sanitasi total yang berbasis masyarakat,” ungkapnya.

“Untuk mencapai 100% ODF itu, kita harus melakukan upaya-upaya khusus. Baik itu pembekalan SDM, fasilitas air bersih dan akses yang memadai, termasuk penyebarluasan informasi melalui berbagai media,” terangnya.

“Selain itu, pemerintah daerah hingga tingkat nagari harus berperan aktif dalam membentuk perencanaan dan program strategis demi terwujudnya 100% ODF,” tutupnya. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *