TK Kasih Bunda Merasa Dianak-tirikan Wali Nagari

DHARMASRAYA,KABARDAERAH.COM- Lesmawati. S. Pd, selaku pendiri dan Kepala Sekolah, sekaligus guru di TK Kasih Bunda di Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya, mengeluh dengan kebijakan Wali Nagari setempat terkait tidak adanya perhatian terhadap TK Kasih Bunda.

Dari informasi di yang didapat di lapangan, Rabu (12/6) Lesmawati menerangkan, semenjak kepemimpinan Wali Nagari Tanjung Alam Armen, S.Pd, MM, dari awal 2017 hingga sekarang tidak ada bantuan maupun perhatiannya terhadap TK Kasih Bunda, Nagari Tanjung Alam.

“Benar tidak ada bantuan untuk TK kami, malahan fasilitas yang ada di kuranginya pak seperti penerangan yang ada di TK tersebut dicabut dan dipindahkannya kerumah warga orang terdekatnya,”ungkap Lesmawati.

Sementara, lanjut Lesmawati, sejak berdirinya TK Kasih Bunda Tahun 2013 silam, dimasa Wali Nagari lama Era Bustari, ada menganggarkan dana untuk TK Kasih Bunda yang saat itu telah terlaksana seperti pembangunan TK pada Tahun 2015, dan selanjutnya di Tahun 2016 juga dianggarkan dana dari dana Belanja Modal (BM) Nagari sebesar Rp. 40 juta untuk Tahun 2017, namun tidak terealisasi oleh Wali Nagari sekarang.

“Menurut rencana anggaran dana Rp. 40 juta itu digunakan untuk perlengkapan sekolah seperti, pembuatan sumur, WC, mobiler dan lainnya,” Kata Lesmawati.

Miris lagi, saat sekarang ini Wali Nagari Tanjung Alam sudah mengeluarkan surat rekomendasi untuk anak-anak di Tanjung Alam untuk bisa sekolah di TK Nanda, Pabrik Ingkasi Raya di Nagari Sinamar.

Padahal sebelumnya sudah ada kesepakatan Wali Nagari lama dengan pihak TK Nanda tidak akan menerima murid dari Nagari Tanjung Alam, namun sekarang diizinkan oleh Wali Nagari Armen, sehingga TK Kasih Bunda kekurangan murid.

“Cuman 4 orang murid kami di Tahun 2019 ini, sebelumnya ada 16 orang karena Wali Nagari Tanjung Alam sekarang telah mengeluarkan rekomendasi ke TK lain,” keluhnya.

Harapnya, pemerintahan Wali Nagari Tanjung Alam dan Pemerintah Kabupaten untuk bisa membantu dan perhatian penuh terhadap TK Kasih Bunda seperti dulu demi kemajuan pendidikan anak-anak TK di Nagari Tanjung Alam.

“Meskipun murid kami 4 orang semangat mengajar saya tidak surut, saya optimis untuk mengembangkan lebih maju lagi TK Kasih Bunda ini,” ujarnya.

Sementara Wali Nagari Tanjung Alam Armen saat dikonfirmasi melalui via telepon membenarkan pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi terhadap anak-anak Nagari Tanjung Alam untuk bisa masuk sekolah ke TK Nanda di Nagari Sinamar dengan alasan kemauan orang tua karen anaknya tidak ingin bersekolah di TK kasih bunda. (nd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *