LP Kelas III Dharmasraya Over Kapasitas dan Minim Fasilitas

DHARMASRAYA,KABARDAERAH.COM- Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas III B Kabupaten Dharmasraya over kapasitas pembinaan, minim fasilitas.

Hal ini di ungkapkan Kepala LP setempat Ahmad Junaidi, Jumat (21/6) di ruang kerjanya.

Kesempatan itu, kata Ahmad Junaidi, warga binaan di LP Kelas III B Dharmasraya saat ini berjumlah 112 orang dengan tahanan 30 orang, serta jumlah binaan dan tahanan 142 orang tersebut LP Dharmasraya sangat kekurangan fasilitas maupun kapasitas di LP Ranah Cati Tigo itu.

“Benar kita melebihi kapasitas warga binaan dan sangat kurang sekali fasilitas,” ujar Ahmad Junaidi.

Dijelaskannya, untuk mencukupi ruang fasilitas warga binaan, pihak LP sebagian binaan ditempatkan di beberapa ruang WC yang ada.

“Karena kurangnya ruang untuk warga binaan, WC Kami jadikan tempat tidur binaan maupun tahanan,” kata Ahmad Junaidi.

Lanjutnya, begitu juga blok tahanan wanita tidak ada, sehingga warga binaan untuk perempuan seharusnya di LP Dharmasraya terpaksa di titipkan di LP Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

Sedangkan, pihak LP Dharmasraya untuk saat sekarang ini terhadap warga binaan telah memfasilitasi
Kreatifitas warga binaan maupun tahanan sesuai kemampuannya masing-masing, seperti membuat perabotan rumah tangga, cetak batako, pertanian, perikanan, dan lain sebagainya.

“Jadi terhadap warga Dharmasraya sudah bisa beli dan memesan keperluan rumah tangga di LP Dharmasraya dari hasil kreativitas anak-anak binaan,” pesan Ahmad Junaidi.

Sementara itu, harapan Kepala LP Kelas III B Dharmasraya Ahmad Junaidi terhadap Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk bisa memperhatikan lebih serius fasilitas maupun kapasitas di LP Dharmasraya demi kemajuan dan keamanan warga binaan maupun pegawai LP. (Nd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *