Padang Ranah Menuju Warisan Dunia

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM- Pembukaan kegiatan konservasi Rumah Gadang Perkampungan Tradisional di lingkungan Padang Ranah Nagari Sijunjung Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, dilaksanakan Kamis, (20/6).

Pembukaan konservasi dibuka langsung Bupati Sijunjung Yuswir Arifin ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat datang kepada direktur pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman yang diwakili Kasubid Pelestarian Cagar Budaya Nurmatias, R. Widiati Kasubid, dan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar (BPCB) Nurmatias.

“Perkampungan tradisional Nagari Sijunjung telah masuk dalam daftar tentatif warisan dunia UNESCO. Kawasan perkampungan trasional ini memiliki luas lebih dari 150 H dengan 76 Rumah Gadang didalamnya dengan tetap menjaga kelestarian Budayanya seperti Batobo Kongsi, Bakaul Adat, Membantai Adat, Basiriah Tando, Maanta Marapulai, Baralek Adat, Batagak Gala,” jelas Bupati.

Diakhir acara Bupati Sijunjung beserta rombongan melakukan kegiatan penanaman pohon disepanjang pinggiran kolam yang ada di kawasan Tobek perkampungan adat Sijunjung.

Kegiatan turut dihadiri Kepala OPD, Camat Sijunjung, Wali Nagari Sijunjung dan Tokoh Masyarakat. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *