Slogan Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik

PASBAR,KABARDAERAH.COM- Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2019 tingkat Kabupaten Pasaman Barat yang dilaksanakan di lapangan MTQ Padang Tujuh dengan mencanangkan program pengurangan dan pemanfaatan sampah plastik dengan slogan “Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik” Rabu (03/07).

Rangkaian kegiatan yang dimulai dengan apel gabungan bersama seluruh aparatur pemerintahan bersama unsur instansi vertikal Pasaman Barat.

Menurut Wakil Bupati Pasbar, H. Yulianto dalam amanatnya bahwasanya kita bersama dituntut untuk lebih peduli lingkungan, adapun bentuk kegiatan tersebut berupa pengurangan sampah plastik dengan membawa keranjang belanja dan wadah sendiri saat bepergian. Membawa kotak makanan dan botol minuman sendiri.

“Tidak menggunakan kemasan plastik pada acara rapat atau pesta. Tidak membuang sampah sembarangan dan mendaur ulang atau mengolah sampah plastik menjadi barang baru agar bermanfaat,” jelas Wakil Bupati.

Ia melanjutkan, pengurangan dan pemanfaatan sampah plastik tidak hanya menjadi tanggung jawab dinas lingkungan hidup saja. Namun, menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat, Andrinaldi mengatakan hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kabupaten Pasaman Barat sudah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan pameran kreatifitas daur ulang dan peduli lingkungan, lomba kreatifitas daur ulang sampah, pembagian stiker peduli lingkungan, botol minuman dan ECO Bag, sosialisasi dan edukasi pengurangan sampah serta pemanfaatan sampah plastik.

“Kita juga telah melakukan pembagian 1.000 Ecobag atau tas belanja di 3 minimarket di Pasbar yaitu Mini market Sejati, Citra Swalayan dan Mini market Seven dilanjutkan pembagian 1.000 botol minuman pada peserta kegiatan Hari Lingkungan Hidup ini,” ujar Andrinaldi.

Target dari kegiatan tersebut adalah tercapainya pemanfaatan 1 ton sampah plastik. Sampah plastik didaur ulang menjadi souvenir bunga, anyaman, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Kegiatan hari Lingkungan Hidup se-Dunia tersebut dimulai dengan kegiatan memungut sampah massal seluruh aparatur Pemda Pasbar beserta unsur Forkopimda Pasbar dan kegiatan penanaman pohon dilanjutkan uji emisi kendaraan dinas. (ksl/dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *