Sekolah Kebangsaan Kota Rembau Negeri IX Malaysia Studi Banding Ke SDI Raudhatul Jannah Payakumbuh

Payakumbuh, SUMBAR.KABARDAERAH.COM — Sambutan yang meriah dan hangat diberikan oleh keluarga besar SDI Raudhatul Jannah Payakumbuh kepada 21 orang tamu studi banding dari SK Kota Rembau Negeri Sembilan yang terletak 35 km dari Seremban Negeri Sembilan Malaysia, Kamis (16/8).

Hadir dalam penyambutan mewakili Walikota Kota Payakumbuh Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan Ir. Syahril dan dari Dinas Pendidikan hadir Sekretaris H. Dasril, S.Pd, M.Pd, Dt. Sati Nan Pandak mendampingi kepala sekolah Erianto, M.Pdi dan pengurus yayasan Syamsuardi, S.Ag bersama sekretaris yayasan Pendidikan Raudhatul Jannah serta kepala SMPI RJ Ersis Warman bersama majelis guru SDI RJ lainnya.

Rangkaian acara yang disusun apik dipandu oleh MC Ipung dihalaman sekolah diawali dengan tari pasambahan, tari permainan anak, dan tarian menggelamai dilengkapi permainan duet gitar dari siswa. Para cikgu dari negeri jiran yang memang sudah akrab dengan adat-istiadat Minangkabau di Negeri Sembilan sana terlihat sangat menikmati suguhan acara pagi itu apalagi dalam suasana yang ramai ditonton juga oleh siswa-siswa SDI RJ.

Puas menikmati tarian penyambutan dilanjutkan dengan sesi foto bersama di halaman sekolah baru dipanjutkan dengan kegiatan tukar informasi diruangan aula yang ditata secara apik diselingi berbagai atraksi penampilan siswa antara lain, pembacaan puisi, hafiz Alquran, nyanyi dari masing-masing sekolah bersahabat ini.

Dalam sambutannnya Walikota Payakumbuh melalui Staf Ahli Ir. Syahril mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh senang dengan kehadiran kerabat yang berasal dari daerah rantau orang Minangkabau termasuk Payakumbuh yakni Kota Serembau di Negeri Sembilan Malaysia ini yang dapat mempererat silaturahmi dan bertukar informasi khususnya dalam pengelolaan pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan H. Dasril, S.Pd, M.Pd mengawali sambutannya dengan pantun

“Dari Rembau nak ke Payakumbuh
Singgah dahulu di Bukittinggi
Kalau Ranah Minang sudah menghimbau
Di Raudhatul Jamnah kita bertemu

Dan dilanjutkannnya dengan pantun sambil memperkenalkan untuk dicicipi gelamai, beras rendang dan rendang yang telah disuguhkan tuan rumah di meja masing-masing tamu siang itu :

“Payakumbuh City of Randang
Pusat Kuliner gelamai dan juga Rendang
Coba dirasa, dikecap biar dikenang
Boleh buat oleh-oleh dibawa pulang”

“Kota Payakumbuh saat ini sedang bersemangat mengembangkan produksi dan pemasaran rendang sebagai makanan terlezat di dunia dengan memenuhi standar kesehatan, rasa kemasan dan ketersedian”. Tukuk Dasril.

Kepala Sekolah Erianto S.Ag. menyajikan berbagai informasi kegiatan SDI RJ sampai berprestasi di tingkat Nasional dan bahkan Internasional melalui tayangan infokus.

Ditambahkan oleh pengurus yayasan Syamsuardi, SA.g bahwa Raudhatul Jannah siap bekerja sama termasuk melibatkan siswa antar dua sekolah dalam berbagai iven, didampingi guru-guru dari kedua negara yang bersahabat itu.

Disisi lain pimpinan rombongan guru besar (kepala sekolah-red) Tengku Zulkarnaian bin Abdul Kadir terlihat bersemangat dan antusias menguraikan pendapatnya.

“Setelah merencanakan dengan baik dan memilih beberapa sekolah yang akan dikunjungi maka kami bersepakat melakukan Lawatan penanda aras bagi guru-guru dan kaki tangan sokongan SK Kota Seremban Negeri Sembilan Darul Khusus Malaysia ke SD Islam Raudhatul Jannah setelah mendapat persetujuan dari pihak SDI RJ dan Pemerintah Kota Payakumbuh,” kata Zulkarnain Bin Abdul Kadir Guru Besar (Kepala Sekolah red) SK Kota Rembau.

Setidaknya ada beberapa tujuan yang ingin kami capai dalam lawatan ke sekolah berprestasi di negara sahabat Indonesia khususnya Kota Payakumbuh ini antara lain untuk:

1.Memperkukuh hubungan antarbangsa bagi kedua negara yang mempunyai budaya yang sama.

2. Menggali warisan budaya, adat dan sejarah adat perpatih dari Minangkabau.

3. Memberi informasi dan pengetahuan kepada sekolah berkenan dalam aspek teknologi terkini melalui perkongsian pengalaman dan idea.

4. Memberi peluang kepada guru-guru kami untuk menimba pengalaman, pengetahuan dalam bidang teknologi dan kebudayaan antara dua negara.(Ril Humas/Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *