Peduli Kabut Asap, SMK N 1 Sutera Bagikan Ribuan Masker ke Pengendara

Pessel, kabardaerah.com — Puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan aksi membagi-bagikan masker gratis kepada masyarakat dan pengendara roda dua maupun roda empat yang melintasi tepatnya di Jalan Lintas Sumatera Painan-Bengkulu KM 36 Taratak Sutera.

Pembagian masker gratis ini adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat akibat kondisi udara di wilayah Sumatera Barat semakin hari semakin memburuk, akibat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Riau baru-baru ini. Akibatnya jarak pandang di pagi hari hanya mencapai 3-4 kilometer akibat kabut asap.

“Kegiatan ini melibatkan guru dan siswa yang tergabung dalam organisasi Palang Merah Remaja (PMR) milik sekolah, ” ujar wakil kepala sekolah Rifijal kepada wartawan Rabu, 18 September 2019.

Dia mengatakan, kegiatan itu lakukan karna kabut asap kiriman dari provinsi tetangga yang semakin hari semakin parah dan merambah ke Pessel. Ditambah lagi dengan beberapa polusi yang tercipta oleh lingkungan sendiri.

“Untuk jumlah masker yang kita bagikan sekitar 2000 masker,” ujarnya

Selain kepada masyarakat dan pengendara, masker bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) ini, juga dibagikan kepada ratusan siswa yang ada di SMK N 1 Sutera tersebut.

“Kegiatan ini kita adakan sebelum jam belajar mulai pukul 6.30 WIB sampai 7.45 WIB. Jadi kegiatan ini kita lakukan tidak waktu proses belajar mengajar dimulai, dan tidak mengganggu aktivitas belajar seiswa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMK N 1 Sutera, Lili Syuriati mengatakan, dirinya selaku kepala sekolah juga menyarankan kepada seluruh siswanya untuk menggunakan masker yang telah dibagikan. Sebab, kondisi udara akibat kabut asap kiriman dari provinsi tetangga kurang baik dan dapat berdampak pada kesehatan.

“Kita menyarankan seluruh siswa untuk menggunakan masker di pagi hari dan untuk kegiatan diluar rungan,” tuturnya.

Ia selaku kepala sekolah sangat mendukung dan merespon baik kegiatan kemanusian yang dilakukan oleh sejumlah siswanya yang tergabung dalam kelompok PMR itu.

Pon Baron

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *