Perbaikan Bendungan Irigasi Batang Jalamu Disegerakan

Pessel, kabardaerah.com — Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni  perbaikan bendungan batang Jalamu, nagari IV Koto Hilir, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan akan segera dilaksanakan.

Bupati mengintruksikan Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaksanakan pada 2020 dengan anggaran tanggap darurat.

“Perbaikan bendungan Batang Jalamu sangat mendesak dan perlu ditangani segera agar masyarakat petani dapat mengolah kembali sawah mereka. Saya perintahkan 2020 ini untuk segera diperbaiki menggunakan dana tanggap darurat,” katanya saat meninjau bendungan irigasi Batang Jalamu bersama OPD terkait, Minggu (22/9).

Bendungan irigasi Batang Jalamu diketahui jebol akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu, seluas 770 hektar sawah masyarakat terancam kekeringan dan gagal panen.

Sementara itu, wali nagari IV Koto Hilir Satria Darma Putra menyebutkan, jebolnya bendungan Irigasi Batang Jalamu tersebut mengakibatkan para petani tidak bisa turun kesawah. Sebab, saluran tak bisa mengairi sawah mereka.

“Dengan kunjungan Bupati ini, kita berharap persoalan ini mendapat solusi yang baik, sehingga para petani bisa menggarap sawah mereka, ” harap Satria.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Hendrajoni bersama OPD terkait didampingi Camat Batang Kapas Wendra Roviko dan sejumlah tokoh masyarakat setempat juga meninjau Pasar Batang Kapas.

Bupati mengajak para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan sehingga pasar terlihat bagus dan geliat ekonomi semakin meningkat.

Fmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *