Semakin Parah, Bupati Intruksikan Segera Buat Proposal Terkait Abrasi Pantai di Bukit Tambun Tulang

Pessel, kabardaerah.com — Abrasi pantai di Dusun Muaro, Kampung Bukit Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, semakin mengkhawatirkan. Hingga kini dampak abrasi tersebut menyebabkan lebih dari 20 meter daratan terkikis, sementara bibir pantai semakin dekat dengan pemukiman warga.

“Secepatnya kita akan kita atasi. Jadi saya minta camat dan wali nagari membuat proposal terkait ini. Nanti bantuannya bisa kita siasati melalui dana kabupaten, provinsi maupun pusat,” katanya saat mengunjungi abrasi pantai di Kampung Bukit Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Minggu (22/9).

Menurut dia, jika abrasi pantai tak segera ditangani maka berpotensi buruk terhadap lingkungan dan bakal merusak perkampungan warga sekitar.

“Ini jangan sampai berlarut-larut. Mesti segera ditangani agar tidak semakin parah. Kalau tidak ada anggaran, nanti bakal saya koordinasikan dengan pusat,” ujarnya.

Bupati mengajak masyarakat agar selalu waspada dan mengurangi aktivitas diluar rumah terkait kondisi cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini.

“Jangan keluar rumah jika tak ada keperluan. Kondisi ini bukan saja terkait abrasi namun juga kabut asap,” tuturnya.

Fmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *