Elfryan Syafutra, Siswa SMA Kartika 1-5 Padang Belajar Ke Jepang

PADANG, SUMBAR.KABARDAERAH.COM — Yayasan Kartika Jaya Rem 032 melalui Program NIHONGO Partners kembali berangkatkan siswa SMA Kartika 1-5 Padang ke Jepang. Kali ini yang mendapat kepercayaan adalah Elfryan Syafutra. Siswa kelas Xll IPS 3 SMA Kartika 1-5 Padang ini salah satu yang akan mewakili Indonesia dalam program pertukaran pelajar yang difasilitasi oleh Japan Foundation.

Suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri bagi SMA Kartika 1-5 Padang mendapat kepercayaan ini karena bukan hal yang mudah untuk bisa lolos seleksi agar bisa belajar langsung ke Jepang. Dari 15 orang siswa yang terpilih se Indonesia, Elfryan Syafutra adalah salah satu dari 3 orang perwakilan pulau Sumatera, 2 orang diantaranya berasal dari Sumut dan Lampung.

Kepala SMA Kartika 1-5 Padang, Yetti, S.Pd mengapresiasi atas keberhasilan siswanya yang sukses menembus ajang pertukaran pelajar tingkat Internasional tersebut. Ia berharap anak didiknya tersebut mampu menampilkan yang terbaik di Jepang sebagai wakil Indonesia khususnya perwakilan dari Sumatera Barat.

“Siswa kami ini sudah mempersiapkan diri, baik dari sisi penguasaan bahasa maupun budaya. Diharapkan nantinya bisa membawa oleh-oleh untuk berbagi pengalaman kepada siswa lainnya,” ujar Yetti .

Ia berharap nantinya siswa-siswa di SMA Kartika 1-5 Padang yang lain juga bisa mendapat kesempatan yang sama untuk bisa belajar di luar negeri.Termasuk kesempatan mendapat beasiswa ke luar negeri saat ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Program NIHONGO Partners (NP) adalah program yang mendukung pendidikan bahasa Jepang di negara-negara ASEAN dengan melaksanakan kegiatan pengenalan bahasa dan budaya Jepang di dalam maupun di luar kelas dengan sukarelawan yang berperan menjadi mitra percakapan maupun asisten dalam kegiatan belajar-mengajar, sebagai mitra dari pengajar dan siswa pembelajar bahasa Jepang. Para Partners sendiri juga akan memperdalam dan mempelajari bahasa maupun budaya setempat, dengan tujuan menjadi jembatan bagi negara-negara ASEAN dan Jepang.

Salam Teritorial

Bersama Rakyat TNI Kuat.(Penrem/Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *