Keberhasilan Yusrizal Rajo Alam Pimpin Nagari Sungai Pampan Koto Nan Tigo

PESSEL,KABARDAERAH.COM- Wali Nagari Sungai Pampan Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pessel Yusrizal Rajo Alam sangat berperan besar didaerahnya.

Dalam kepemimpinannya lima tahun belakangan ini telah banyak perubahan di nagari tersebut.

Ia menjelaskan, Masyarakat terutama pemuda-pwmudi mempunyai peran yang besar dalam pembangunan nagari, terutama untuk pembangunan Lapangan Hijau Sungai Pampan Koto Nan Tigo yang merupakan salah satu aset nagari.

Yusrizal juga mengatakan, pemuda merupakan aset bangsa. Pergeseran zaman telah melahirkan generasi baru, generasi milenial yang sarat dengan teknologi informasi.

Generasi tersebut yang akan menghasilkan karya dan inovasi diberbagai bidang untuk nagari.

Selain itu, selama kepemimpinannya, Ia juga kritis terhadap berbagai paham yang dapat merusak tatanan Nagari dan Kabupaten.

Aktif dalam kegiatan narasi media, narasi digital guna mencerdaskan masyarakat agar terhindar dari beragam upaya propoganda yang dapat meresahkan masyarakat.

Ia juga selalu menerima masukan dan keluhan masyarakat, sekarang ini keluhan tentang 75 hektar lahan warga yang selalu gagal panen.

Untuk mengantisipasinya, dalam waktu dekat Ia akan membuat tanggul agar air pasang laut tidak masuk ke pemukiman warga.

Untuk Tahun 2020, Ia telah berkoordinasi dengan anggota dewan DPR RI, dan berjanji akan membantu pembuatan tanggul tersebut melalui dana aspirasinya.

Selain itu, juga ada beberapa kegiatan lain yang telah berlangsung selama kepemimpinannya, seperti pembangunan jalan tembus Sungai Pampan-Limau Manis yang telah diaspal sepanjang tiga Km.

Juga Pembangunan Perumahan Nelayan yang sekarang telah dihuni oleh masyarakat miskin dan pembangunan embung yang dananya berasal dari anggaran pusat (APBN).

Sekarang ini, Masyarakat yang biasanya hanya dapat turun satu kali setahun ke sawah, kini telah dapat dua atau tiga kali, jelasnya.

Ia merasa apa yang telah dilakukannya selama lima tahun memimpin menjadi wali nagari belum maksimal, untuk itu Ia akan mencalon diri kembali jika masa jabatannya telah habis.

Jika Masyarakat kembali memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin nagari, Ia akan berbuat lebih banyak kedepannya untuk nagari, jelasnya. (Pon Baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *