OPINI  

Adakah Balon Bupati Solok Yang Sudah Punya Gagasan Membangun

Kab. Solok merupakan daerah yang memiliki potensi besar menuju kawasan agrobisnis, agrowisata dan pariwisata berskala nasional dan internasional. Secara geografis daerahnya memiliki banyak perbukitan, sungai, danau dan lainnya. Kemudian sumber pendapatan penduduknya, dominan berasal dari sector pertanian/perkebunan.

Nah artinya, image tersebut di atas, tentunya menguatkan bahwa Kabupaten Solok pantas disebut sebagai kawasan agrobisnis (bisnis pertanian) maupun agrowisata (wisata pertanian). Pastinya, prospek itu mampu meningkatkan kualitas taraf kehidupan ekonomi masyarakat.

Jadi terpikirkan oleh saya (penulis), ketika melakukan perjalanan berkeliling di daerah tugu ayam “Kukuak Balenggek” ini. Sepanjang perjalanan, saya melihat banyaknya spanduk (atribut) sosok bakal calon bupati Solok terpajang di hampir semua titik keramaian dengan berbagai nama kandidat nan dimunculkan. Artinya, siap berkompetisi di pilkada 2020.

Yang jadi pertanyaan, apakah mereka (para balon bupati) itu sudah memiliki konsep jitu menyikapi kawasan agrobisnis, agrowisata yang menyimpan potensi besar, serta pariwisata Kab. Solok yang bakal mereka pimpin dimasa mendatang?.

Karena sebagai pengamat public/politik, saya cukup jengah terhadap kasus-kasus para Bupati yang tersudah. Misalnya, setelah terpilih sang Bupati lupa akan cara kerja cerdas saat menjadi pemimpin di daerahnya. Apakah itu karena Bupati tersebut tidak punya konsep matang, atau memang tidak tahu cara bekerja sebagai kepala daerah alias dangkal ilmu pengetahuan.

Sebagai masyarakat saya tentunya merindukan seorang kepala daerah yang cerdas dan tepat gagasan. Ketika dia janjikan “A” pada saat sosialisasi hingga sampai dia terpilih tetap dengan janjinya itu. Saya masih merindukannya sampai sekarang.

Kembali lagi mengenai Kab. Solok yang memiliki iklim beragam, kondisi alam yang segar, tanah nan subur, masyarakat cekatan dan bisa di anggap sebagai kawasan transit di Sumatera Barat. Tentunya tak ada lagi alasan yang bisa mengatakan daerah itu “Susah”. Baik itu susah dari sisi kehidupan maupun susah di sisi pengelolaan tatanan pemerintahan. Karena apa, wilayahnya punya banyak SDA dan SDM yang mendukung.

Saya berharap, ada seorang pemimpin yang mampu menorehkan prestasi Kab. Solok sampai ketingkat nasional dan internasional. Baik di bidang agrobisnis, agrowisata dan pariwisata.

Saya berharap lagi, para bakal calon bupati yang memajang atributnya tersebut, mau berdiskusi dengan menjawab aspirasi saya ini untuk masyarakat Kab. Solok kedepan.

Oleh : Ahmad Saleh SH (Pemerhati Kab. Solok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *