Giliran Niniak Mamak Jorong Guak Nomeh (Mak ITAM), Dukung Penuh Pasangan HendRA – MAHyuzil

Kab. Solok, KD – Alhamdulillah, dengan bergabungnya Tokoh Niniak Mamak Jorong Guak Nomeh Nagari Tanjung Balik, Rustam Sutan Kilek (Mak ITAM) di area Tim Perjuangan Balon Bupati Solok Hendra Saputra, SH, M.Si di Posko Perjuangan Solok. Makin menambah kekuatan baru bagi masyarakat Kabupaten penghasil beras terbaik Sumbar, dalam mengantarkan idola pilihan rakyat. Yakni pasangan RAMAH (HendRA – MAHyuzil) untuk dapat memimpin Daerah Tugu Ayam Kukuak Balenggek.

Pernyataan sikap itu di ikrarkan Mak ITAM di sebuah warung sarapan Hidup Baru. “Semoga Tanjung Balik menjadi Nagari yang religius, makmur dan sejahtera secara merata di masa yang akan dating, dan Kab. Solok secara keseluruhan”, sebut Sukhrawardi.

Bagi orang Minangkabau, sepetti kiprah Niniak mamak lainnya, Mak ITAM bukanlah istilah asing. Kata itu mempunyai makna mendalam. Mak ITAM merupakan sebutan pada seseorang yang dituakan, yakni punyai posisi khas dalam adat minangkabau, tukas Ketua Dewan Tim Relawan RAMAH ini, menuturkan, Senin (20/02/20).

Dikatakan Sukhrawardi, peran niniak mamak (Paman) sangat penting dalam pemerintahan, terutama di pemerintahan Nagari. Sebab dengan adanya peran Niniak Mamak, maka pembangunan sebuah daerah di Negeri Minang akan berjalan baik dan sukses.

Sangat mendukung tentunya, kata Sukhrawardi, peran niniak mamak benar benar dibutuhkan di sebuah Nagari. Karena di Provinsi Sumatera Barat ini, pemerintahan terendah dari stakeholder adalah “Nagari”. Jadi tidak hanya walinagari saja, tapi niniak mamak juga memiliki peran penting.

Diketahui bersama, niniak mamak seperti halnya Mak ITAM, sangat berpengaruh dalam mengatur anak kemenakan di masing-masing suku atau kaum. Jika peran niniak mamak sesuai dengan pemerintah Nagari, maka pembangunan akan suskses dan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

“Bilamana peran ninik mamak telah klop serta sesuai dengan harapan, maka kompetensi yang baik kepada anak kemanakan akan berjalan dengan baik. Persoalan sosial yang terjadi dikemenakan bisa dituntun oleh niniak mamak. Sehingga peran pemerintah sebuah Nagari akan sangat kondusif menyukseskan pembangunan”, terang Sukhrawardi.

Sebagai mewakili pasangan RAMAH, melalui media ini “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Niniak Mamak Jorong Guak Nomeh (Mak ITAM/Rustam Sutan Kilek), akan kebuladtan tekad dan dukungannya kepada HendRA – MAHyuzil. Semoga perjuangan ini dilapangkan jalannya oleh Allah SWT, untuk Kabupaten Solok yang lebih baik. Pungkas Ketua Dewan Tim Relawan RAMAH, Sukhrawardi, yang juga di amini oleh anggota Tim. (TIM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *