Pangdam I/BB Pimpin Upacara Pengantaran Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-Q/Monusco

PADANG, SUMBAR.KABARDAERAH.COM — Panglima Komando Daerah Militer I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah pimpin Upacara Pengantaran Tugas Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-Q/Monusco TA. 2020 bertempat di Lapangan Upacara Mako Yonif 133/YS Jln. Prof. Dr. Hamka No 1 Air Tawar Kota Padang, Sumatera Barat, Senin 20/1.

Diawali dengan penyambutan dan pengalungan bunga oleh Dandenzipur 2/PS Mayor Czi Ridwan kepada Pangdam I/BB dan menerima jajar kehormatan di Ksatrian Mako Yonif 133/YS, dilanjutkan silaturrahmi tatap muka dengan seluruh Forkopimda Provinsi Sumatera Barat. Rangkaian kegiatan dimulai dengan upacara yang diikuti dengan pembacaan pernyataan secara resmi pemberangkatan tugas, penciuman pataka dan acara Tepuk Tepung Tawar oleh Pangdam beserta Ibu Ketua Persit KCK PD I/BB yang diikuti Gubernur, Kapolda, Danlantamal, Danlanud dan tamu undangan lainnya.

Usai pelaksanaan upacara dan tradisi pemberangkatan tugas, personel Satgas Kompi Zeni patut berbangga karena selain mendapatkan pengarahan dari Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah juga mendapat arahan dari Gubernur dan Kapolda Sumbar.

Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc selaku Gubernur Sumbar mengucapkan selamat kepada personel satgas yang mendapat kepercayaan oleh Bangsa dan Negara dengan membawa nama Indonesia, Sumbar, dan khususnya satuan Denzipur 2/PS dalam misi perdamaian dunia.

“Tugas ini merupakan suatu kebanggaan yang patut disyukuri, jadikanlah pengalaman yang berharga bagi prajurit beserta istri yang ditinggalkan serta aturlah mindset pikiran dengan memikirkan dan mengerjakan kegiatan yang positif sehingga waktu berjalan tidak terasa lama”, ujar Gubernur.

Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto dalam arahannya menyampaikan bahwa melaksanakan tugas perdamaian dunia dibawah misi PBB adalah merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri pagi prajurit, Kapolda meyakini bahwa prajurit Denzipur ini merupakan orang pilihan yang telah melalui berbagai proses seleksi, seraya berpesan agar prajurit jangan khawatir tentang keluarga yang ditinggal dan sebaliknya isteri juga tidak usah khawatir yang berlebihan terhadap suami yang sedang melaksanakan tugas teruslah berdo’a untuk kesuksesan dan keselamatan bersama.

“Tanamkan kepada diri sendiri bahwa mendapat tugas pengamanan perdamaian dunia dibawah PBB (United Nations) merupakan suatu kehormatan dan kebanggan tersendiri dan saya yakin bahwa kalian adalah prajurit pilihan yang sudah melalui berbagai tahapan seleksi’, jelas Kapolda Sumbar yang pernah melaksanakan tugas di Bosnia Herzegovina pada tahun 2000 ini.

Mayjen TNI MS Fadhilah selaku Pangdam I/BB menyampaikan tugas yang dijalankan oleh satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-Q/Monusco TA. 2020 merupakan tugas yang mulia tetapi disisi lain juga mempunyai resiko. Setelah melaksanakan beberapa kali rangkaian tahapan seleksi dan dinyatakan lulus tentunya membuat hati prajurit senang, akan tetapi prajurit juga harus siap melaksanakan tugas yang mana tugas tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh keinginan, laksanakanlah tugas dengan penuh semangat dan jaga kehormatan satuan dan TNI di mata dunia karena merupakan bagian dari tugas TNI.

“Disisi lain tidak ada tugas TNI yang bisa diselesaikan dengan baik tanpa adanya semangat dan kegembiraan, artinya apapun tugas yang diberikan basicnya adalah semangat dan gembira”.

Ketika ditemui awak media Jenderal Bintang Dua Abituren Akmil 1988 ini menyampaikan bahwa tugas Satgas Ki Zi didaerah penugasan salah satunya adalah mencegah terjadinya konflik, membangun fasilitas dan instalasi sesuai permintaan pemerintah disana dibawah bendera PBB. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan kehadiran Gubernur, Kapolda, Danlatamal, Danlanud, Kajati, dan Pemko merupakan wujud kebersamaan. Seraya berpesan dan menitipkan kepada Gubernur dan Kapolda Sumbar terhadap keluarga yang ditinggalkan karena keberhasilan penugasan sangat didukung oleh daerah yang mereka tinggali. Kemudian juga dijelaskan bahwa jumlah personel dalam Kizi TNI ini sebanyak 175 orang dan ditambah dari TNI AL dan TNI AU.

Hadir dalam pengantaran Satgas Kizi TNI Konga XX-Q Monusco Kongo Forkopimda Sumatera Barat, para asisten Kasdam, para Kasi, Dandim dan Kabalakrem 032, tamu undangan lainnya serta keluarga Satgas.

Salam Teritorial

Bersama Rakyat TNI Kuat. (Penrem/Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *