Fakhrizal-Genius Lewati Syarat Dukungan Calon Independen Pilgub Sumbar

Fhoto : Fakhrizal - Genius Umar

SUMBAR, KABARDAERAH,- Pasangan calon perorangan atau independen bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Fakhrizal-Genius Umar (Fage) sudah melewati syarat minimal dukungan masyarakat untuk maju di pilgub Sumbar 2020 mendatang.

Dukungan untuk pasangan itu telah mencapai 336.675 yang tersebar di 19 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.

“Dukungan untuk pasangan Fakhrizal dan Genius Umar telah melewati syarat minimal yang ditetapkan KPU,” ujar Komisioner KPU Sumbar Izwaryani kepada sejumlah wartawan, Selasa (18/02/2020).

Dukungan pasangan itu katanya mencapai 336.675 dukungan diseluruh Sumbar.

Sebelumnya lanjut Izwaryani, tim pasangan Fage mengantongi 330.493 dukungan. Namun saat melakukan submit ulang pada tanggal 15 Februari lalu dukungan itu bertambah.

“Dukungan itu sudah final dan dikunci. Mereka akan submit ulang pada Rabu (19/02/2020) ke KPU Sumbar,” katanya.

Hingga saat ini, Komisioner KPU Sumbar itu menyebutkan jika yang mengisi Silon untuk pasangan pilgub Sumbar jalur independen baru satu pasang. Namun ada pasangan lain yang belum menyerahkan mandat dan mengambil Silon yakn Syamsu Jalal-Aldi Taher.

“Pasangan Syamsu Jalal-Aldi Taher hingga saat ini belum melakukan konfirmasi,” ungkapnya.

KPU Sumbar sebut Izwaryani, telah membuka pendaftaran untuk jalur perorangan atau independen dari tanggal 16 hingga 20 Februari 2020. Dan jika pasangan lain yang berniat ikut dalam pilgub Sumbar dijalur itu masih ditunggu konfirmasinya hingga waktu penutupan nanti.

“Sebanyak 100 personil sudah kita siapkan untuk menerima pendaftaran calon independen. Karena surat pernyataan dukungan nantinya akan dihitung secara manual,” pungkas Izwaryani. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *