Warga Situmbuk Kabupaten Tanah Datar Amankan Kurir Narkoba

Fhoto : Pelaku NA (41) saat diamankan warga nagari Situmbuk Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar sebelum diserahkan ke pihak kepolisian. (Vidio warga)

TANAH DATAR, KABARDAERAH,- Resah dengan kampungnya dijadikan target untuk lokasi transaksi peredaran narkoba, pada Rabu (26/02/2020) dini hari warga nagari Situmbuk Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar berhasil mengamankan salah seorang pelaku yang diduga sebagai kurir narkoba.

Pelaku yang sempat kabur ke semak belukar saat aksinya diketahui pemuda setempat hampir menjadi bulan-bulanan massa saat diamankan, sebelum diserahkan ke pihak berwajib.

Kapolsek Salimpaung AKP M Rachmad Zen, kepada kabardaerah.com, Kamis (27/02/2020) membenarkan kejadian itu, dan sudah menyerahkan kasus ini ke Satresnarkoba Polres Tanah Datar.

“Awalnya, warga yang saat itu melakukan ronda malam mencurigai gerak gerik pelaku saat ditegur. Namun pelaku kabur ke arah semak belukar dan meninggalkan sepeda motornya,” ungkap R M Zen.

Gelagat yang mencurigakan ini, katanya dilaporkan warga ke polsek Salimpaung dan berkat bantuan pemuda nagari Situmbuk pelaku berinisial NA (41) berhasil diamankan.

“Pelaku merupakan warga Jorong Padang Laweh Nagari Padang Laweh Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar,” sebut Kapolsek.

Dari tangan pelaku, ujar mantan Kapolsek Lima Kaum ini, berhasil mendapatkan paket daun ganja kering seharga Rp 100 ribu yang sempat dibuang saat dikehui warga, 1 unit sepeda motor merk Supra Vit dan uang tunai yang diduga hasil penjualan ganja sebesar Rp 187 ribu.

“Pelaku mengakui jika daun ganja itu akan diberikan kepada seseorang, namun naas baginya kalau aksinya dikehaui oleh warga setempat,” tutur R Zen.

Dengan kejadian tersebut, ia sangat berterima kasih kepada warga nagari Situmbuk, khususnya para pemuda yang peduli dengan lingkungan dari kejahatan tindak pidana di wilayah hukum polsek Salimpaung.

“Ini benar-benar kami apresiasikan terhadap bantuan warga, ini harus menjadi contoh bagi daerah lain,” pungkas AKP M R Zen.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Tanah Datar AKP Yaddi Permana menyebutkan, jika pelaku saat ini sudah diamankan di mako polres untuk pengembangan kasusnya.

“Pelaku NA saat ini dalam proses pemeriksaan, dan kami masih menyelidiki asal muasal narkoba daun ganja itu ia dapat. Semoga polisi dapat mengungkap bandar besarnya,” sebut Yaddi. (Bdoy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *