Dua Tercepat Di Sumbar, Pessel Cairkan BLT Dari Dana Desa

PAINAN, KABARDAERAH,- Kabuoaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, berhasil menjadi kab/kota kedua di Sumbar dalam memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa (DD) kepada masyarakat yang terkena dampak virus Covid-19.

Secara simbolis bantuan itu diserahkan Bupati Pessel Hendrajoni menyerahkan secara simbolis dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Nagari Tambang Kecamatan IV Jurai kepada 145 Kepala Keluarga (KK), Kamis (07/05) di halaman kantor walinagari setempat.

Dengan dilakukannya pencairan BLT dana desa ini, maka Kabupaten Pesisir Selatan menjadi kabupaten ke 2 di Sumatera Barat yang menyerahkan BLT DD, setelah sebelumnya Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara Nagari Tambang Kecamatan IV Jurai merupakan nagari pertama di Kabupaten Pesisir Selatan yang menyalurkan BLT Dana Desa.

Hendrajoni didampingi oleh Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, serta Kepala DPMD Provinsi Sumbar Syafrizal Ucok dan Kepala DPMDPPKB, Pesisir Selatan Wendi menyampaikan jika penerima manfaat agar dana itu dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

“Gunakan bantuan itu dengan bijak terutama untuk kebutuhan pangan,” sebut Bupati.

Dikatakan, bantuan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok karena selama masa pandemi wabah corona masyarakat diimbau untuk tetap di rumah.

Sementara itu, Wali Nagari Tambang Akbar Malik, S.Kom menyebutkan bahwa dinagarinya ada 145 KK penerima BLT DD dengan total Rp 138 juta untuk tiga bulan, masing masing KK menerima Rp 600 ribu.

Sebagaimana diketahui masyarakat miskin yang terdampak covid 19 di Kabupaten Pesisir Selatan, akan menerima lima jenis bantuan diantaranya; Bansos Tunai dari Kemensos RI akan diterima oleh 20 830 KK, kemudian 11.337 KK akan menerima bantuan dari BLT provinsi dan 16 ribu dari BLT Kabupaten Pesisir Selatan, terakhir BLT DD akan mealokasikan anggaran Rp 50 milyar untuk 28 ribu KK.

Di hari yang sama Hendrajoni, juga menyerahkan secara simbolis dana BLT Provinsi Sumatera Barat kepada perwakilan masyarakat di kantor pos setempat, serta menyerahkan bantuan untuk mubaliq dan garin (marbot) di Masjid Akbar Baiturahman Painan.

Selain menyalurkan BLT, Kabupaten Pesisir Selatan, juga memberikan bantuan kepada anak yatim, mubaliq dan garin masjid.

Menurut Kabag Kesra Setda Pesisir Selatan Yoli Aang Syofia, pihaknya menyalurkan bantuan Incasi Raya kepada 521 garin masjid.

“Pemkab Pessel bekerja sama dengan dengan Baznas memberikan bantuan Kepada 546 mubaliq yang berasal dari 182 nagari. Serta pemkab juga akan memberikan bantuan kepada anak yatim. Khusus anak yatim saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan,” pungkas Yoli. (Zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *