Tak Hanya di Mandeh, Guardrail di Jalan Nasional Bukit Taratak Sutera-Batang Kapas Juga Raib di Gondol Maling

PAINAN, KabarDaerah – Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Novermal Yuska, meradang karena kembali menemukan sejumlah baut besi pengaman jalan (Guardrail) di jalan nasional Bukit Taratak Sutera-Batang Kapas di curi orang yang tak dikenal. Rabu (17/06/2).

Ia mengklaim, ada kelompok spesialis pencurian baut dan besi pagar pengaman jalan di Sumatera Barat yang luput dari pantauan aparat penegak hukum.

“Selain di jalan kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan dan Sungai Pisang Kota Padang, baut-baut Guardrail di jalan nasional Padang-Bengkulu tepatnya di Bukit Taratak Sutera-Batang Kapas juga banyak yang hilang,” ujarnya pada KabarDaerah.Com, yang sebelumnya juga sudah di unggah di laman Facebook pribadi miliknya.

Menurutnya, sejumlah besi pagar pengaman jalan di Bukit Taratak tersebut banyak yang lepas dari tiangnya. Bahkan, baut-baut anti karat itu hilang entah kemana.

“Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi pengguna jalan. Sebab, di balik pagar pengaman tersebut ada jurang-jurang yang sangat dalam,” ucapnya lagi.

Terkait kondisi tersebut, ia berharap agar jajaran Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Provinsi Sumatera Barat, segera memperbaikinya. Menurutnya, pemasangan baut tersebut meski diperkuat dengan memasang las untuk menghindari pencurian dikemudian hari.

“Kita semua wajib menjaga aset negara ini agar tidak di curi lagi. Jika melihat atau menemukan pelakunya, segera laporkan ke kantor polisi terdekat. Selain itu, kami juga meminta jajaran Polisi Resort Pesisir Selatan proaktif mengusut kasus ini. Save pengaman jalan,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, mengintruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, memasang kembali bagian pengaman jalan (Guardrail) di Kawasan Mandeh yang sebelumnya rusak akibat komponennya dicuri orang yang tak dikenal.

“Tolong ya Pak Kadis, segera koordinasikan dengan Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya saat mengunjungi lokasi, Selasa (16/6).

Untuk mencegah pencurian berikutnya terjadi, ia meminta Dinas PUPR memasang kembali Guardrail tersebut menggunakan las.

“Jika perlu antara komponen yang satu dengan yang lainnya di permanenkan saja dengan di las,” ucapnya lagi.

Selain itu, ia dengan tegas meminta agar hal tersebut dilaporkan ke aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas dalang dibalik pencurian pengaman jalan di Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Sebelumnya dikabarkan, komponen pagar pengaman jalan (Guardrail) di jalan nasional Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, dicuri orang yang tak dikenal. Di lokasi terlihat, baut dan besi penyangga sudah hilang sedangkan bagian pagar pengaman jatuh ke tanah.

Kerusakan terparah terlihat di lokasi, Taluak Marunggai, Nagari Sungai Pinang, dan tiga titik lainnya di sepanjang jalan wisata tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, juga berdialog dengan masyarakat setempat agar turut menjaga sarana dan prasarana jalan yang ada disekitar kawasan Mandeh.

“Tolong ya bapak-ibuk, mari sama-sama kita jaga keindahan dan kenyamanan wisata ini. Jangan sampai di rusak. Kalau ketahuan siapa orangnya, laporkan kepada saya,” ucapnya mengingatkan.

Reporter : Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *