Gubernur Sumbar, Danrem 032/Wbr Dan Kapolda Kunjungi Kampung Tangguh Kubang Gajah

PAYAKUMBUH, SUMBAR.KABARDAERAH.COM — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengharapkan dan mendorong seluruh kelurahan dan nagari memiliki kesiagaan terhadap Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan menjadi kampung tangguh.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi kampung tangguh di perumahan Kubang Gajah, Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Rabu.

“Seperti ini yang diharapkan, seluruh RT, RW, kelurahan dan nagari itu siaga. Bahkan Kubang Gajah ini tidak hanya siaga dengan datangnya COVID-19 di daerahnya, namun juga memiliki kesiapan dalam ketahanan pangan,” ujarnya.

Ia mengatakan kesiapan perumahan Kubang Gajah ini dalam ketahanan pangan harus diapresiasi dan menjadi contoh bagi daerah lain.

“Di sini lengkap, baik siaga dan ketahanan pangannya. Ada ikannya, tanamannya, berasnya dan kesiagaan dalam memantau orang masuk. Saya apresiasi apa yang dilakukan Kubang Gajah,” sebutnya.

Dikesempatan yang sama Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan kampung tangguh merupakan program dari Presiden RI dan Kapolri.

“Tapi kita melihat kearifan lokal, satu nama yang tengah disiapkan, yakni Nagari Tageh Rumah Gadang. Semoga yang dilakukan Kubang Gajah ini dapat diadopsi daerah lain,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan kampung tangguh Kubang Gajah hadir karena semangat gotong royong segala pihak.

“Ini tanggung jawab kita bersama, makanya semangat gotong royong sangat dibutuhkan. Jangan sampai abai dan melakukan pembiaran-pembiaran,” ujarnya.

Ia mengatakan selain Kubang Gajah, juga ada dua kelurahan lainnya yang juga didorong menjadi kampung tangguh. Ketiga kelurahan itu, yakni kelurahan Payobasung di Kecamatan Payakumbuh Timur serta gabungan kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Kecamatan Lamposi Tigo Nagari.

Dalam kegiatan tersebut tampak Hadir Danrem 032/Wbr Brijen TNI Arief Gajah Mada dan Bupati Limapuluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP, Dandim 0306/50 Kota Lekol Kav Ferry Lahe, S.A.P, Kapolres Payakumbuh Dony Setiawan, S.I.P. (Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *