Pasca Perjalanan Ke Aceh Dua ASN di Pasbar Terkonfirmasi Positif COVID-19

PASBAR,KABARDAERAH -Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pemkab) Pasbar, Sumatera Barat (Sumbar) dalam komprensi pers bersama Bupati Pasbar H.Yulianto Didampingi Forkopimda menyampaikan Hasil tes Swab dua Apartur Sipil Negara (ASN) yang Positif COVID-19.Pertemuan tersebut di gelar di Ruang Lobi Kantor Bupati Pasaman Barat, Jum’at (7/8) Sekitar Pukul 17.00 WIB.

Dalam pertemuan Komprensi Pers tersebut turut hadir Bupati Pasbar Yulianto, Kapolres Pasbar yang diwakili Kabag Ops Kompol Muddasir, Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz, Kajari Thailani, Satgas COVID-19 Edi Busti dan Cubir COVID-19 dr.Gina Alecia serta Insan Pers.

Bupati Pasbar Yulianto menyampaikan kedua suami istri itu diketahui positif COVID-19 setelah keluarnya hasil swab dari laboratorium Universitas Andalas Padang.

“Dua orang ASN yang merupakan pasangan suami istri, SP (30) dan CBR (25) yang bertugas di Sekretariat Daerah Pemkab Pasaman Barat dan Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) positif COVID-19, pada hari Jumat,” terangnya

Kedua suami istri itu merupakan pelaku perjalanan. Mereka melakukan perjalanan dari Lhokseumawe Aceh menuju Medan Sumatera Utara menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian dari Medan ke Kota Padang menggunakan pesawat.

“Dari empat orang yang menjalani tes swab, dua orang suami istri itu positif COVID-19,” ujarnya.

Menurutnya saat ini keduanya sudah diisolasi di rumahnya dan kemungkinan pasien CBR (25) akan dievaluasi ke rumah sakit yang ada di Kota Padang karena memiliki gejala demam. Sedangkan suaminya tidak tanda dan gejala.

“Dengan adanya dua kasus positif itu maka status Pasaman Barat sudah tidak zona hijau lagi,” sebutnya.

Pihaknya juga telah melakukan tracing terhadap ASN dan orang yang pernah kontak dengan kedua pasien positif itu.

“Terutama keluarga pasien dan teman-teman sekantornya. Jika ditotal keseluruhannya hingga saat ini berjumlah 90 orang,” lanjutnya.

Terhadap hasil tracing itu maka Pemkab Pasaman Barat akan melakukan tes swab masal pada Sabtu (8/8) pagi di kantor Bappeda Pasaman Barat.

Ia mengharapkan kepada warga agar tetap ikuti aturan pemerintah dalam demi keselamatan bersama membiasakan setiap hari baik aktivitas apa pun dengan protokol COVID-19.

“Mari rajin cuci tangan dengan sabun , selalu memakai masker dan jaga jarak, semoga kita semua dapat terhindar dari COVID-19,” katanya

Kita akan melakukan tes swab massal di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada Sabtu (8/8) pagi,” kata Bupati Pasaman Barat, Yulianto didampingi Koodinator Pusat Pengendalaian Operasi Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Edi Busti dan Juru Bicara COVID-19 Gina Alecia dan hari ini kantor Bupati dilakukan penyemprotan disinfektan seluruh bagian kantor.

“Direncanakan 90 orang itu akan dites swab pada Sabtu pagi. Bagi yang merasa pernah kontak dengan pasien diharapkan segera melapor ke tim gugus tugas agar bisa dites swab,” jelasnya.

Menurutnya tes swab yang akan dilakukan oleh tim kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan akan dibawa ke Laboratorium Universitas Andalas Padang.

“Selanjutnya, Satgas COVID-19 Edi Busti, mengajak seluruh masyarakat tidak panik dengan kondisi saat ini. Tracing akan terus dilakukan untuk memutus rantai penyebarannya,” tambah Edi Busti.

(SUWAHYU/Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *