Memperingati detik-detik Proklamasi kendaraan hentikan laju di jalan lintas Sumatra

DHARMASRAYA-kabardaerah.com
Memperingati detik-detik Proklamasi Ratusan kendaraan yang melintasi ruas jalan lintas Sumatera di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, serentak menghentikan laju kendaraannya, Senin (17/08) pukul 10.17 wib.

Terlihat di sepanjang jalan di Dharmasraya, pelaksanaan imbauan untuk berhenti sejenak tersebut berlangsung tertib dibawah pengawasan petugas gabungan TNI/Polri.

Buya Al Amin Palito Rajo Lelo SHI salah seorang Tokoh masyarakat pulau Punjung, mengapresiasi kegiatan yang berlangsung singkat namun penuh makna itu.

“Sebagai bangsa yang besar dan merdeka, sudah selayaknya kita sebagai warga negara Republik Indonesia mensyukuri segala nikmat ini, salah satunya dengan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta semangat cinta tanah air, ” Ungkapnya, di Dharmasraya.

Dijelaskannya, dengan adanya kesamaan aksi seperti ini diyakini mampu membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan menjaga semangat kemerdekaan meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 03/PP Pulau Punjung, Mayor CAJ (K) Tuti Andayani, mengatakan sejauh pengamatannya diakui ada pergeseran nilai-nilai dan rasa nasionalisme yang terjadi ditengah masyarakat dewasa ini.

“Semangat cinta tanah air dan rela berkorban demi bangsa dan negara sudah terkikis dan dikhawatirkan sudah memasuki titik terendah sehingga ancaman disintegrasi bangsa pun semakin tinggi, ” Ungkapnya.

Untuk mencegah kondisi itu, ia mengatakan sesuai arahan komando atas pihaknya berupaya keras mengembalikan rasa kebangsaan dan imaji keindonesiaan melalui rangkaian kegiatan seperti membagikan seribu lembar bendera gratis, masker dan bhakti sosial yang dilaksanakan melibatkan masyarakat luas.

“Kemerdekaan tidak diraih dengan mudah, semoga semangat itu bisa membangkitkan gelora semangat bela negara demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia sampai titik darah penghabisan, ” Tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan keterlibatan aktif seluruh masyarakat dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan secara virtual sangat diharapkan.

Tepat pada pukul 10.17 WIB pada tanggal 17 Agustus 2020 mendatang, seluruh masyarakat diminta menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna untuk menghormati peringatan tersebut.

“Hentikan semua kegiatan dan aktivitas Saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit Waktu Indonesia Bagian Barat. Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi,”ajaknya.(Nd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *