Makan Bajamba di Kapalo Banda Koto Kandis, Salah Satu Objek Wisata Andalan

Sumbar.Kabardaerah.com|Painan – Objek wisata Palo Banda Koto Kandis Nagari Kambang Timur, di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, saat ini tidak saja sebagai sumber pengairan bagi ribuan hektar lahan pertanian di daerah itu, tapi juga sudah berkembang sebagai salah satu objek wisata andalan di Pesisir Selatan. Jumat (28/8/20).

Untuk lebih memajukan dan mengembangkan objek wisata Palo Banda sebagai ekowisata, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, meminta Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk membuat rencana pengembangan Palo Banda.

“Saya berharap objek wisata ini bisa terus berkembang agar lokasi ini selalu ramai dikunjungi. Kedepan kawasan ini harus dibangun secara permanen agar lebih bagus lagi,” kata Bupati Hendrajoni, usai menghadiri silaturahmi dengan Pokdarwis dan masyarakat Koto Kandis.

Acara silaturahmi dengan Pokdarwis dan masyarakat tersebut ditutup dengan doa dan makan bajamba di lokasi Kapalo Banda Koto Kandis, tersebut.

Hadir pada acara silaturahmi tersebut, Kepala Bappedalitbang, Yozki Wandri, Camat Lengayang, serta pejabat eselon II lainnya.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan sumbangsihnya terhadap kemajuannya ekowisata Palo Banda Koto Kandis.

Kepada masyarakat Bupati meminta agar potensi wisata yang dimiliki oleh Kampung Koto Kandis tersebut bisa dijaga. “Palo Banda ini memiliki potensi untuk menjadi objek wisata andalan karena semua daerah punya alam seindah ini, sehingga harus dijaga dan terus di pertahankan,” harapnya.

Terkait usulan masyarakat untuk disediakannya penerangan listrik di kawasan objek wisata tersebut, Hendrajoni menegaskan kepada instansi terkaitu untuk segera menindaklanjutinya.

“Saya minta kepada Dinas Perhubungan segera menyediakan anggaran untuk pengadaan lampu penerangan di lokasi wisata. Terkait pembangunan dan peningkatan sarana jalan, bila tidak tersedia dalam APBD kabupaten, saya akan menghadap langsung ke Menteri PUPR,” tegasnya saat itu.

Ketua Pokdarwis Koto Kandis, Yon Mendri, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada tokoh perantau Mayor Laut Derianton, karena telah memberikan sumbangsih terhadap kemajuannya ekowisata Palo Banda Koto Kandis.

“Berbagai motivasi itu mendapat dukungan dari masyarakat dan tokoh masyarakat di Kampung Koto Kandis hingga berkembang saat ini,” katanya.

Dijelaskannya bahwa dilokasi ekowisata itu ada tiga program yang dilakukan.

“Selain memperkuat jaringan organisasi, juga melakukan pengembangan paket-paket wisata sesuai dengan potensi yang dimiliki seperti arum jeram. Kami berharap kawasan ini bisa terus berkembang baik di tingkat nasional maupun internasional. Sebab memang memiliki potensi yang sangat besar,” katanya.

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *