Terpapar Virus Corona , Seorang Warga di Pasaman Meninggal Dunia

PASAMAN,KABARDAERAH.COM – Seorang pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Pasaman meninggal dunia, Sabtu (5/9/2020). Pasien sempat menjalani perawatan selama tiga hari di RSUD Lubuksikaping, dengan keluhan batuk, demam dan sesak nafas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr Rahadian Suryanta Lubis membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pasien berjenis kelamin perempuan, 55 tahun itu merupakan warga Jorong 8, Simpangempat, Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan.

“Ini adalah kasus yang pertama kali di Pasaman. Korban merupakan pasien RSUD Lubuksikaping. Pasien dirawat di ruang isolasi RS dengan diagnosa diabetes melitus, suspek TB Paru dan suspek covid-19,” katanya.

Pasien tersebut telah dimakamkan di kampung halamannya, Sabtu sore, dengan standar protokol pamulasaran jenazah sesuai penanganan Covid-19. Terhadap pasien telah diambil swab sebanyak dua kali, dengan hasil sama, positif.

Swab pertama, Kamis (3/9), swab ke dua, Jumat (4/9), hasilnya pasien positif terinfeksi Covid-19. Pada, Sabtu (5/9), sekitar pukul 03.30 WIB, pasien dinyatakan meninggal dunia.

Dugaan sementara, kata Rahadian, pasien terpapar virus mematikan itu dari salah seorang kerabatnya yang sering pulang pergi ke Jakarta, salah satu provinsi dengan tingkat penyebaran Covid-19 tertinggi di tanah air.

“Ada salah satu keluarga yang pulang balik ke Jakarta. Statusnya, masih dicurigai. Rencananya semua orang terdekat pasien akan kita lakukan swab tes,” ucapnya.

Pihaknya, kata dia, akan melakukan tracking, tracing dan treatment (3T) terhadap keluarga pasien positif Covid-19 yang sudah meninggal dunia tersebut untuk memutus rantai penyebaran virus korona di daerah itu.

“Kita akan lakukan 3T, terhadap keluarga pasien, termasuk dengan tenaga medis RS yang kontak dengan pasien. Ini upaya kita memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata Rahadian, total warga terinfeksi positif Covid-19 di daerah itu sebanyak 9 orang. Dengan rinciannya sebagai berikut, 5 orang dinyatakan sembuh, 3 orang masih dalam isolasi mandiri dan terakhir, 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

 

Reporter :Yondra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *