Pasar Pabukoan Silungkang, Menggeliatkan Ekonomi Masyarakatnya.

Sawahlunto-Memasuki pekan pertama ramadhan, seperti biasa dan lazimnya dimana tempat berjejer para pedagang yang mejajakan penganan atau biasa disebut menu penganan pabukoan. Mulai dari lauk pauk hingga berbagai makanan, khas bulan ramadhan.

Begitupun di pasar pabukoan yang ada di Silungkang, lokasi tempat yang bejualan pabukoan relatif cukup banyak dengan beragam aneka jenis makanan. Selain di pasar Silungkang, berbagai sudut pada sore menjelang, terlihat para pedagang pabukoan menggelar dagangannya.

Mulai dari sepanjang kawasan Sungai Durian (depan SMA -SDI), simpang melayu (kampung tenun Batu Manonggau), kawasan masjid raya, simpang empat Panai hingga ke Stasiun Silungkang. Begitupun di daerah Kutianyi, Tengsaw, jembatan Aur Duri sampai di kawasan Lubuak Kubang dan simpang Puskesmas terlihat berjejer para pedagang pabukoan khas Silungkang.

Hal ini dapat kita lihat pada Minggu sore (18/4), berbagai kalangan di Silungkang maupun dari luar Silungkang berdatangan. Seperti pada Lapak ramadhan Mamah Boy di simpang Puskesmas Silungkang, kedatangan tamu istimewa dari Sawahlunto. Sekdako Ambun Kadri yang kebetulan berasal dari Silungkang, menyempatkan diri datang dan berbelanja penganan untuk pabukoan khas Silungkang.

Dan pada lokasi di berbagai tempat pasar pabukoan di Silungkang, terlihat para pedagang cukup sibuk dengan para pembeli yang kadang datangnya secara bersamaan. Dan dari hal seperti ini, tentunya sedikit banyaknya, akan menggerakkan roda ekonomi masyarakatnya. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *