Bantuan Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar Untuk Kab-Kota, Dipusatkan di Sawahlunto.

Sawahlunto.Kabardaerah-Kota Sawahlunto, ditunjuk dan dipilih oleh pihak Provinsi Sumbar sebagai tempat untuk menyerahkan bantuan stup/koloni kepada beberapa Kelompok Hutan Kemasyarakatan dari berbagai Kota dan Kabupaten yang ada di Sumatera Barat.

Dan pada kesempatan yang sama, di lokasi taman buah ini Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansaharullah juga melakukan pecanangan, Gerakan Minum Madu Asli (GEMMA) guna mendorong masyarakat Sumbar agar mengonsumsi lebah madu asli secara rutin.

Untuk Sawahlunto, terpilih Kelompok Hutan Kemasyarakatan Lurah Basuang di Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto yang menerima bantuan sebanyak 240 buah bantuan stup/koloni lebah madu Galo-Galo dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Bantuan untuk berbagai daerah di Sumbar tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi di lokasi Taman Buah Kandi Kota Sawahlunto pada Senin siang (31/5).

“Langkah ini kita lakukan agar masyarakat yang berada di sekitar hutan, bisa menjalani kehidupan secara baik dan sejahtera dengan memanfaatkan potensi hutan yang ada tanpa merusaknya. Salah satu potensi itu adalah, lebah madu Galo-Galo,” urai Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta SH menyatakan bahwa Sawahlunto sangat bersyukur atas bantuan stup lebah Madu Galo-Galo tersebut. “Karena potensi ternak lebah madu Galo-Galo sudah mulai terlihat di Sawahlunto, namun masih terkendala dengan anggaran yang belum memadai untuk membantu masyarakat secara luas,” ungkap Wako Deri Asta.

“Pak Gubernur sudah datang membawa bantuan oleh-oleh stup lebah kelulut kepada kita masyarakat Sawahlunto. Bantuan seperti ini, tentunya sangat berarti dan berperan besar buat Sawahlunto, terutama bagi masyarakat di kawasan hutan Lurah Basuang yang segera bisa menjadi peternak madu Galo-Galo melalui bantuan ini. Untuk itu, terima kasih kepada bapak gubernur,” ujar Walikota Deri Asta menambahkan. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *