Selangkah Lagi, Kereta Api Wisata di Sawahlunto Akan Segera Terwujud.

Sawahlunto-Rencana Sawahlunto agar kereta api kembali dapat beroperasi sebagai kereta wisata di Kota Sawahlunto, mulai menunjukkan titik terang. Setelah berbagai upaya dilakukan Pemko Sawahlunto guna untuk tujuan tersebut, termasuk menjajaki langsung ke PT KAI dan ke Kementerian Perhubungan RI di Jakarta.

Dan pada Senin siang (17/5), Salusra Wijaya, salah seorang pejabat dari PT. KAI (Direktur Keuangan) berkenan datang ke Sawahlunto guna menindaklanjuti langkah yang telah dirintis oleh beberapa pejabat PT KAI dan jajaran Dirjen Perhubungan RI beberapa waktu yang lalu.

Salusra bersama jajarannya meninjau langsung jalur rel kereta api di Sawahlunto, termasuk kondisi stasiun kereta api di Kampung Teleng Sawahlunto.

Setelah peninjauan lapangan, Salusra dan jajarannya datang ke Balaikota Sawahlunto dan diterima langsung oleh Walikota Deri Asta SH yang didampingi oleh Wakil Walikota, Zohirin Sayuti SE dan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr dr Ambun Kadri.

Dalam pertemuan ini, Salusra menyampaikan bahwa pihak PT. KAI akan mendukung penuh permintaan Pemko Sawahlunto, guna untuk mengaktifkan kembali kereta api di Kota Warisan Budaya Dunia Unesco ini. Guna mendukung hal tersebut, PT. KAI akan mempersiapkan sarana serta personelnya, berupa Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengoperasikannya.

Lebih lanjut Sulasro Wijaya menyatakan, “PT KAI membantu dari sisi sarana dan personel, sementara untuk pra – sarana, diharapkan andil dari Kementerian terkait. Hal ini disebabkan karena untuk pra – sarananya bukan lagi kewenangan dari PT KAI,” ungkap Sulasro menguraikan.

Sementara itu Wako Deri Asta mengungkapkan, “kita berterimakasih kepada PT KAI bersama jajarannya, yang telah berkomitmen dengan apa yang telah disampaikan oleh jajaran PT KAI yang secara tidak langsung telah membawa Sawahlunto selangkah lebih maju dalam rencana mewujudkan untuk mengaktifkan kembali kereta api di Kota Sawahlunto,” pungkas Deri Asta. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *