BLK Sawahlunto Lakukan Program Pelatihan Untuk Mencetak Kompetensi.

Pemko Sawahlunto dalam rangka menyiapkan dan mencetak tenaga kerja siap pakai, secara terus menerus melakukan berbagai langkah. Salah satunya, dengan melaksanakan program Balai Latihan Kerja (BLK), dalam bentuk paket pelatihan. Seperti yang saat ini sedang dilaksanakan, berupa Pelatihan Berbasis Kompetensi Pengelasan SMAW Posisi 2F di BLK Kota Sawahlunto.

Pelatihan yang diikuti oleh 16 orang peserta dari desa dan kelurahan di Kota Sawahlunto, setelah melewati berbagai seleksi yang dilakukan sebelumnya. Peserta dilatih oleh instruktur dari BLK Padang, termasuk peralatan dengan menggunakan peralatan dari Mobile Training Unit (MTU) BLK Padang dan dibuka langsung oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH di UPTD BLK Sawahlunto di Sawah Rasau, Sikalang Kota Sawahlunto.

“Kepada para peserta, diharapkan tentunya dapat menjalani proses pelatihan secara serius dan sungguh sungguh. Pahami materi secara baik dan jangan ragu untuk bertanya. Sehingga jika sudah selesai mengikuti pelatihan ini nantinya, ilmu yang didapatkan mampu dan benar-benar siap untuk dipakai dalam membuka usaha sendiri atau pun bekerja di berbagai perusahaan,” ungkap Wako Deri Asta.

Pemko Sawahlunto akan selalu berkomitmen untuk meneruskan dan memperbanyak kegiatan yang bersifat pelatihan untuk mencetak tenaga kerja siap pakai. Sebab, hal ini merupakan salah satu langkah andalan Sawahlunto dalam menekan angka pengangguran di kota ini.

Untuk itu, Wako Deri Asta meminta kepada pemerintahan desa dan kelurahan, agar dapat membantu menyerap para lulusan pelatihan dari BLK ini.

“Jadi apabila ada pekerjaan atau pun hal yang bisa membuka peluang lapangan kerja dengan memanfaatkan para lulusan BLK ini, alangkah sangat bagusnya. Karena dengan ilmu yang didapat, para lulusan BLK ini diharapkan dapat bisa langsung mempraktekkan dan mengaplikasikannya di desa atau kelurahan mereka masing – masing,” pungkas Wako Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *