Keterlibatan Semua Pihak, Dibutuhkan Dalam Mengatasi Pandemi Covid-19 di Kota Sawahlunto.

Sawahlunto-Sepertinya, warga Kota Sawahlunto perlu pemahaman mendalam serta sosialisasi yang tiada henti tentang bahaya pandemi Covid-19. Karena masih banyaknya warga masyarakat Sawahlunto yang seolah acuh tak acuh dengan himbauan Pemko Sawahlunto agar mematuhi protokol kesehatan (Prokes), yang salah satunya adalah wajib memakai masker dalam setiap kegiatannya beraktifitas. Apalagi kegiatan tersebut dilakukan di tempat banyaknya bertemu orang atau warga lainnya (pasar).

Kesadaran warga terhadap Prokes dapat kita temui diberbagai tempat di Kota Sawahlunto yang notabene justru di tempat berkumpulnya banyak orang. Faktanya, mulai dari Pasar Talawi, Sapan, Pasar Sawahlunto hingga ke Pasar Silungkang, lebih banyak yang tidak memakai masker dibanding dengan yang patuh dan taat pada Prokes, memakai masker seperti yang dianjurkan.

“Pihak pemko Sawahlunto juga tidak bosan bosannya dan selalu setiap saat pada suatu kesempatan memberi edukasi serta pemahaman tentang pandemi Covid-19 dan karenanya, semua kita wajib patuh dan taat pada Prokes untuk dapat segera memutus mata rantai Covid-19. Dan ikhtiar kita lainnya, selain patuhi Prokes adalah melalui vaksinasi,” Ungkap Wako Deri Asta pada minggu lalu (19/7).

Kita ketahui, Pemko Sawahlunto melalui Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH pada Senin lalu (19/7) telah menandatangani pakta integritas bersama dengan Ketua DPRD Eka Wahyu SE, beserta Kapolres Sawahlunto, AKBP. Junaidi Nur SH SIK, Dandim 0310 Sawahlunto/Sijunjung, Letkol (Inf). Endik Hendra Sandi, Ketua Pengadilan Negeri, Acep Sopian Sauri SH, Kepala Kejaksaan Negeri Sawahlunto, Abdul Mubin SH, Ketua MUI, Drs Darmuis, Ketua FKUB, Adi Muaris, Ketua LKAAM, Dahler Dt. Panghulu Sati, Ketua Pokdar Kamtibmas, Jaswandi SE serta Ketua Senkom Mitra Polri, Dedy Salman SH di ruang rapat Balai Kota Sawahlunto.

Secara bersama diperlukan kembali sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dengan tujuan untuk meningkatkan Pengetahuan, Kesadaran dan Peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, utamanya di Kota Sawahlunto.

Dan berikutnya, mengajak peran serta masyarakat Kota Sawahlunto untuk mensukseskan dan melaksanakan program vaksinasi demi terbentuknya kekebalan tubuh (Herd Immunity), sehingga angka kematian korban yang terpapar Covid-19 dapat dikurangi melalui vaksinasi. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *