Pemko Sawahlunto Bantu Bibit, Pinjaman Melalui UPTD Dana Bergulir dan TP-PKK Melalui FORIKAN Mengolah Produk Berbahan Baku Ikan.

Sawahlunto-Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH bersama Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta berkolaborasi melalui panen bersama dan sekaligus menyerahkan bibit ikan patin kepada Kelompok Perikanan Multikarya Group di Dusun Balai Tangah, Desa Pasar Kubang, Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, pada Sabtu siang (10/7).

Pemko Sawahlunto setelah melihat hasil usaha dari kelompok ini, selain memberikan bantuan bibit ikan dan pendampingan oleh penyuluh perikanan, juga menawarkan bantuan guna untuk pengembangan usaha perikanan, melalui pinjaman dari UPTD Dana Bergulir.

Diketahui, Kelompok Perikanan Multikarya Group ini mengelola lima (5) buah kolam yang diisi dengan ikan patin dan kendala yang dihadapi saat ini adalah, tingginya biaya pakan ikan.

Ketua Kelompok, Very Arianto menyampaikan bahwa, “pihaknya sedang merencanakan untuk membuat pakan ikan sendiri. Namun untuk itu dibutuhkan modal yang cukup besar,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, “memang untuk biaya/cost produksi paling besar itu habisnya di biaya pakan. Jadi kami ingin untuk mensiasati hal tersebut dengan membuat pakan sendiri. Namun belum bisa dilaksanakan karena belum cukup modal,” urai Very Arianto.

Menanggapi kendala yang dihadapi Kelompok Perikanan Multikarya Group ini, Walikota Deri Asta menawarkan beberapa alternatif yang antara lainnya adalah melalui pinjaman dari UPTD Dana Bergulir.

“Coba dihitung dulu kalkulasi nilai ekonomis dari hasil panen ikan ini. Nanti perhitungan itu yang menjadi dasar dan pertimbangan untuk diajukan ke UPTD Dana Bergulir,” ungkap Wako Deri Asta.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto yang juga Ketua Forum Gemar Makan Ikan (FORIKAN) Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta menyatakan segera akan berkoordinasi dengan jajarannya di PKK dan FORIKAN Sawahlunto untuk membuat produk olahan dari berbagai ikan yang dipanen dari kolam Kelompok Multikarya Group ini. Sehingga dengan produk olahan yang beragam itu, dapat meningkatkan jangkauan pemasaran maupun harga jual dari produk ikan.

“Ikan-ikan dari sini, sebagai bahan baku, potensinya sangat besar dan bisa kita olah menjadi beragam produk makanan. Kita akan segera mengkaji dan menindaklanjuti perihal ini melalui sinergi PKK dengan FORIKAN. Sehingga ikan-ikan ini menjadi semakin menarik bagi masyarakat untuk dikonsumsi dan tentunya, akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan dari para kelompok peternak ikan,” pungkas Ny. Meivyta Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *