5 Nagari Statistik Ikuti Bimtek

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM– Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung menggelar Bimbingan Teknis Bagi Pengelola Data Nagari Statistik, Kamis (23/09/2021) di Ruangan Media Center Kominfo dengan menghadirkan 5 Nagari Pilot Project, yaitu Nagari Sijunjung, Nagari Tanjung Gadang, Nagari Palaluar, Nagari Koto Tuo dan Nagari Koto Baru.

Bimtek dibuka oleh Kadis Kominfo, Rizal Efendi,dengan menghadirkan narasumber Charles Kanal, SE, Ade Ayu Rahmadani, S.Si (BPS Sijunjung) dan Oni Fajar Syahni, MMA (Kabid Statistik Diskominfotik Sumbar).

SE Riqadli, S.Si, MM (Kepala BPS Sijunjung) dalam sambutannya menyatakan statistik berperan penting karena dari data itulah kepala pemerintahan bisa membuat kebijakan yang tepat. Menyikapi hal ini, peningkatan sumber daya manusia perangkat nagari untuk merangkum dan mengolah data-data yang diperoleh.

Rizal Efendi optimis bahwa dengan ditunjukknya 5 Nagari Pilot Project sebagai Nagari Statistik di Kabupaten Sijunjung akan berperan sebagai sumber data pertama secara kewilayahan yang kemudian direkapitulasi menjadi data kecamatan, kabupaten, kota, provinsi sampai negara dalam semangat Satu Data Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Sijunjung menggandeng BPS Sijunjung dan Bidang Statistik Dinas Kominfotik Sumbar dalam pembinaan pengelola data Nagari Statistik untuk menghasilkan data-data yang ril dan valid, bukan lagi data rekaan sehingga kepala daerah bisa mengambil langkah-langkah kebijakan untuk perencanaan pembangunan dengan tepat.

Oni Fajar Syahdi, MMA menilai pentingnya peran pengelola data untuk mewujudkan Nagari Statistik sebagai hal vital dalam ketepatan penyusunan kebijakan daerah. Bahkan, dengan dengan menggunakan data tersebut, progres kemajuan pembangunan di Kabupaten Sijunjung akan lebih terukur.

“Berawal dari 5 Nagari yang kita fasilitasi ini, semoga semua Nagari di Kabupaten Sijunjung menjadi Nagari Statistik seutuhnya”, tambah Oni.(Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *