Dengan Gebyar Vaksinasi, Kota Sawahlunto Sudah Mendekati 50 Persen Tingkat Vaksinasinya.

Sawahlunto-Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menyampaikan ucapan terimakasih, utamanya kepada masyarakat Kota Sawahlunto yang telah secara sadar mengikuti Vaksin.

Kota Sawahlunto, dalam mempercepat dan memperluas jangkauan Vaksinasi Covid-19, pada Sabtu (9/10) melaksanakan kegiatan dalam bentuk Gebyar Vaksinasi, diberbagai tempat dan lokasi di Kota Sawahlunto.

Gebyar Vaksinasi yang dipadukan dengan pemberian bantuan sosial berupa sembako, yang berlokasi di Gedung Pertemuan Kebudayaan (GPK) Kota Sawahunto, ditinjau langsung oleh Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra.

Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi di Kota Sawahlunto ini, seperti yang dilaporkan Kepala Dinas Kesehatan, Yasril Yakup bahwa terdapat pada empat (4) titik lokasi pelaksanaan Gebyar Vaksinasi secara serentak pada saat ini. Berlokasi di GPK Sawahlunto, Pasar Silungkang, Desa Kolok Nan Tuo dan Desa Lumindai.

“Untuk warga yang divaksin, paling banyak berlokasi di GPK, sebanyak 1.000 orang. Sampai sebelum Dzuhur, saat Kapolda, Walikota dan jajaran Forkopimda melakukan peninjauan, sudah terdaftar melakukan vaksin sebanyak 600 orang lebih. Target ini kita yakin bisa dicapai, karena sudah lebih dari separoh yang divaksin dan pelaksanaan Vaksin akan kita lakukan hingga sore,” ungkap Kadis Yasril.

Sementara itu, untuk update data tingkat Vaksinasi di Kota Sawahlunto, telah mencapai 43 persen lebih atau 22.416 orang. Angka 43 persen lebih tersebut, dari total sasaran masyarakat yang akan divaksin sebanyak 51.805 orang.

Dengan tingkat Vaksinasi seperti ini, Sawahlunto saat ini berada pada urutan ke – 4 tertinggi dalam pencapaian Vaksinasi dosis 1 di Provinsi Sumatera Barat. Sementara untuk capaian Vaksinasi dosis 2, Kota Sawahlunto berada di urutan ke – 6 tertinggi dari 19 Kota/Kabupaten yang ada di Sumbar.

“Kami sedang terus mendorong peningkatan jumlah jangkauan masyarakat yang divaksin ini melalui berbagai upaya, salah satunya dengan jemput bola mendatangi masyarakat ke berbagai lokasi di dekat kawasan pemukiman, untuk dapat warga masyarakat dikumpulkan. Hal ini guna untuk mempermudah mengumpulkan masyarakat dengan tidak mengeluarkan biaya atau waktu lama untuk datang ke Puskesmas mendapatkan Vaksin. Karena para jajaran Vaksinator Puskesmas setempat, akan mendatangi langsung ke lokasi,” urai Walikota Deri Asta.

Upaya lainnya dari Pemko Sawahlunto, saat ini Pemerintah Desa dan Kelurahan sedang giatnya dan intens dalam mengajak dan memfasilitasi masyarakat untuk divaksin. Berbagai inovasi dilakukan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk mengapresiasi masyarakat yang divaksin, antara lain dari memberikan makan siang sampai memberikan minuman peningkat ion tubuh, seperti air kelapa muda.

“Di Sawahlunto, juga muncul dukungan dari organisasi masyarakat dan berbagai komunitas untuk membantu melaksanakan Vaksinasi ini. Seperti Tim Solid Silungkang Peduli dan Pramuka Peduli Kwarcab Sawahlunto yang langsung turun membantu jajaran Puskesmas dalam melakukan Vaksinasi kepada masyarakat,” ujar Wako Deri Asta menambahkan.

Sementara itu Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, sangat memberi apresiasi yang tinggi terhadap Pemko Sawahlunto dan jajarannya serta Forkopimda yang secara bersama telah berhasil menggerakkan pelaksanaan Vaksinasi di Kota Sawahlunto, hingga saat ini telah mendekati 50 persen dari total sasaran.

“Yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat. Di Sawahlunto ini kesadaran masyarakat untuk divaksin termasuk tinggi, buktinya kita bisa lihat telah 43 persen lebih dari total sasaran masyarakat kita sudah divaksin,” ujar Kapolda Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra.

Kapolda Sumbar juga menyampaikan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada warga masyarakat Sawahlunto, yang secara sadar telah ikut mendukung program pemerintah dalam membentuk imunitas kelompok melalui Vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, kepada jajaran tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi vaksinator Vaksin Covid-19 di Kota Sawahlunto, Kapolda Sumbar mengapresiasinya dengan memberikan piagam penghargaan. Piagam diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan Sawahlunto yang diserahkan langsung secara simbolis, oleh Kapolda Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra kepada Paur Kes Polres Sawahlunto, Bripka Yuli Ekawati dan para Kepala Puskesmas di Kota Sawahlunto.

Kapolda Sumbar dalam kesempatan meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi ini, juga memberikan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 500 paket. Dengan rincian, 300 paket dari Kapolda Sumbar dan komunitas IMBI (Ikatan Motor Besar Indonesia) Provinsi Sumbar, ditambah 200 paket dari Kapolres Sawahlunto.

“Selain sembako, kita juga berikan doorprize kepada peserta Vaksinasi dari kategori pelajar. Hadiah utamanya, dua (2) unit sepeda. Doorprize lainnya, mulai dari helm, jacket motor, buku, tas, sampai botol minum,” ujar Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra menguraikan.

Dalam kesempatan Gebyar Vaksinasi, Kapolres Sawahlunto, AKBP. Ricardo Condrat Yusuf melaporkan kepada Kapolda bahwa jajaran Polres Sawahlunto turun dengan optimal dalam membantu percepatan Vaksinasi di wilkum Sawahlunto.

“Sesuai arahan Presiden tentang percepatan Vaksinasi, kami turun mendampingi tim di desa dan kelurahan dalam sosialisasi sampai pada pelaksanaan Vaksin. Melalui kerjasama dan bersatu padu dengan jajaran Pemdes/Kelurahan serta tenaga kesehatan, sesuai hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan beberapa Minggu yang lalu,” ungkap AKBP. Ricardo Condrat Yusuf.

Kegiatan lain dari bentuk kinerja Polres Sawahlunto dalam mendukung percepatan Vaksinasi adalah dengan memobilisasi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh, dari tempat lokasi Vaksinasi.

“Bahkan ada yang kita jemput dengan bus polisi. Kalau tidak bisa kendaraan roda 4 masuk ke sana, Babinkamtibmas yang akan turun menjemput dan mengantarkan dengan kendaraan roda dua (2),” ujar Kapolres Sawahlunto, AKBP. Ricardo Condrat Yusuf.

Dalam kegiatan Gebyar Vaksinasi yang ditinjau Kapolda Sumbar ini, Walikota Sawahlunto Deri Asta didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM. Sementara dari Forkopimda, juga hadir secara lengkap, mulai dari Ketua DPRD, Eka Wahyu SE, Kepala Kejaksaan Negeri, Abdul Mubin, Dandim 0310 Sawahlunto Sijunjung, Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi, dan Kapolres Sawahlunto AKBP. Ricardo Condrat Yusuf. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *