Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sawahlunto, Berjalan Penuh Khidmat.

Sawahlunto-Wali Kota (Wako) Sawahlunto Deri Asta SH dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dr dr Ambun Kadri MKM serta Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Eka Wahyu SE secara bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)lainnya, pada hari Jumat (1/10), melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan mengambil tempat di lapangan Ombilin Kota Sawahlunto.

Peringatan hari kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2021 ini, juga dihadiri dari unsur Forkopimda seperti, Kapolres Sawahlunto, Kodim, Kajari, Ketua PN Sawahlunto, Kepala Kemenag Sawahlunto, para OPD, dari eselon II, III dan IV pada Pemerintah Kota Sawahlunto.

Eka Wahyu SE, Ketua DPRD Kota Sawahlunto pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung oleh Wako Deri Asta SH ini, Eka Wahyu membacakan naskah ikrar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di hadapan para peserta upacara.

Sementara Wako Deri Asta mengatakan, “melalui Pancasila, bangsa kita yang terdiri dari berbagai suku dengan ragam serta budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dan menyatu dalam satu atap, bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila merupakan pedoman dalam bernegara serta menjadi kekuatan bagi kita semua sebagai sumber dari inspirasi dan motivasi,” ujar Wako Deri Asta.

Lebih lanjut Wako Deri Asta menambahkan, “Pancasila lahir menjadi simbol bagi negara Republik Indonesia sebagai perwujudan dari keberagaman yang ada,” ungkap Wako Sawahlunto menguraikan.

Pancasila membuat perbedaan menjadi kekayaan. Karena mampu merajut keberagaman yang ada dan Pancasila itu, mampu menyatukan dan mempersatukan.

Sementara itu Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu SE mengatakan bahwa, “peringatan ini kita jadikan momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan secara bersama dalam membangun kota dengan melaksanakan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari,” urai Eka Wahyu seusai upacara peringatan di lapangan Ombilin, Kota Sawahlunto, Sumbar.

Sementara itu, Wakil Wali Kota (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti SE mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila ini, bersama dengan Presiden Joko Widodo secara Virtual, melalui Zoom Meeting Online, di ruang Balaikota Sawahlunto.

Pelaksanaan upacara ini, dilakukan secara Virtual dengan melihat atau menonton tayangan live streaming, dari Gedung Pancasila dan Istana Negara Republik Indonesia di Jakarta. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *