Serap Aspirasi, Lisda Hendrajoni Kunjungi Masyarakat Mentawai

Mentawai, KABARDAERAH – Anggota DPR RI asal Sumatera Barat Lisda Hendrajoni, berkunjung langsung ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat guna menyerap aspirasi langsung dari masyarakat di Kabupaten tersebut. Kedatangan Lisda, disambut langsung oleh Wakil Bupati Kepuluan Mentawai Kortanius Sabeleake, Rabu (20/10).

Kunjungan kali ini menurut Lisda sangat spesial, karena pertama kalinya menginjakkan kaki di Bumi Sikerei sebagai anggota legislatif, untuk menjaring aspirasi dari masyarakat.

“Sebenarnya keinginan untuk datang kesini sudah semenjak masa kampanye tahun 2019, namun baru kesampaian akibat pandemi Covid-19 dan juga menyesuaikan dengan agenda sidang di DPR RI. Alhamdulillah hari ini diberi kesempatan untuk bisa datang di Kepulauan Mentawai, bertemu langsung dengan Dunsanak kita disini,” ungkapnya

Anggota Fraksi Nasdem tersebut pun langsung mengikuti rapat koordinasi bersama dengan Forkopimda di Kepuluan Mentawai, serta dari Kementrian Sosial yang diwakili oleh Balai Besar Disabilitas dan Vokasional, Asti Retno Hasmiati.

Dalam rapat tersebut terungkap, mayoritas masyarakat Kepulauan Mentawai mengharapkan adanya penambahan unit Ambulance, bahkan jika memungkinkan adanya Kapal Ambulance untuk mengangkut masyarakat yang dirujuk ke Kota Padang.

“Kami sangat setuju terkait dengan usulan Kapal Ambulance. Karena Mentawai berada di daerah Kepuluan, sehingga butuh akses cepat menggunakan jalur laut dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya

Ditambahkannya, jadwal kapal cepat yang tidak setiap hari dari Mentawai ke Kota Padang ataupun sebaliknya, tentunya akan menjadi penghambat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang medis.

“Bagaimana jika ada masyarakat Mentawai yang meninggal di Rumah Sakit Kota Padang, namun hari itu tidak ada jadwal kapal, tentu ini akan menjadi kendala. Ini akan kami upayakan nanti, dengan Kementrian terkait, ditambah dengan Unit Mobil Ambulance,” sambungnya.

Dalam kegiatan tersebut Lisda Hendrajoni menyerahkan bantuan dari Kementrian Sosial berupa, alat bantu disabilitas seperti kursi roda, tongkat landis dan tongkat tunanetra dan sembak bagi lansia. Ditambah dengan obat-obatan dari dari Kementrian Kesehatan yang diserahkan kepada Bupati Mentawai yang diterima oleh Assisten 1.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi salah seorang masyarakat yang berstatus ODGJ bersama Balai Besar Disabilitas dan Vokasional Kementrian Sosial didampingi oleh Ketua TP- PKK Kepuluan Mentawai sekaligus menyerahkan bantuan pelengkap kasur lengkap juga sembako.

“Terima kasih atas kunjungan Ibu Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni ke Kabupaten kami. Semoga aspirasi yang disampaikan masyarakat, kedepan dapat terwujud melalui usulan yang nantinya akan ibu sampaikan di Pusat,” ucap Rosmaida Yudas selaku Ketua TP-PKK Kepulauan Mentawai.

(Efrizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *