Tim Independen KPP dan IPP Kabupaten Tetapkan yang Terbaik

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM- Sejak Juli 2021, Tim Independen Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima (KPP) dan Inovasi Pelayanan Publik (IPP) tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, melakukan penilaian terhadap 20 terbaik Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) tahun 2021.

Pada Sabtu (22/8/2021), merupakan akhir dari penilaian. Sebab, pada hari itu (Sabtu-red) Tim Independen beranggotakan; Zikri Alhad, S.IP, MA (Dosen FIS UNP Padang, selaku ketua Tim-red) dan anggota lainnya; H.Hidayatullah, Lc.MA (Ketua BazNas Sijunjung, wakil ketua Tim-red), Fajar Zeftrian, SE (Ketua Forum Kabupaten Sehat-anggota), Saptarius (Wartawan Madya-anggota) dan Dra.Wenny Libra (Pengawas Pemerintah Muda Inspektorat-anggota) disalahsatu caffe tempat sederhana di Kota Padang membahas dari hasil penilaian yang mereka lakukan.

Dalam pertemuan tersebut, juga dihadiri Asisten Administrasi Umum, dr. H. Edwin Suprayogi, M.Kes (sebagai ketua) dengan sekretaris Wandri Fahrizal, SH (sekretaris) dan Wati (Kasubag) mendengarkan paparan Tim Independen Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima (KPP) dan Inovasi Pelayanan Publik (IPP) tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Suasana diskusi sempat tegang, alot dan saling adu argumentasi dalam penetapan pemenang. Meski sempat alot, namun akhirnya Tim Independen Penilaian KPP dan IPP tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat berhasil menetapkan para pemenang setelah sebelumnya diberikan solusi terbaik dalam pemutusan penetapan oleh Zikri Alhad, S.IP, MA selaku Ketua.

“Itulah hasil dari penilaian, karena penilaian dilakukan secara objektif. Selain itu, tim juga memberikan beberapa catatan dan rekomendasi pada bupati (Pemkab) untuk dievaluasi,” ujar sejumlah tim.

Walau sudah mengantongi sejumlah nama pemenang dan peringkat katagori, namun tim masih ogah untuk menyebutnya. “Tunggu saja hasil surat keputusan (SK) bupati,” elak tim.

Lantas kapan diumumkan? tunggu saja, pasti diumumkan Pemkab, tambah H. Hidayatullah, Lc.MA selaku Wakil Ketua Tim Independen.

Sebagai catatan, Tim Independen Penilaian KPP dan IPP tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat juga memberikan sejumlah rekomendasi penting untuk perubahan Sijunjung ke arah yang lebih maju dan baik. “Rekomendasi tim untuk segera diserahkan pada bupati,”kata Zikri Alhad, S.IP, MA selaku Ketua.

Sekretaris Daerah, Kabupaten Sijunjung, Zefnihan, AP, M.S selaku Penanggungjawab kegiatan, dalam keterangannya pada media, Minggu (22/8/2021) via whatsappnya, menyebutkan, bahwa pelayanan publik prima saat ini adalah menjadi target pemerintah daerah dalam melayani masyarakat di Kabupaten Sijunjung.

“Dengan dilakukan evaluasi secara berkelanjutan melalui penilaian internal dan melalui penilaian tim independen, mudah-mudahan kehadiran pemerintah betul-betul di rasakan oleh masyarakat sebagai tindak lanjut penerapan/pelaksanaan visi misi Kepala Daerah/visi dan misi Bupati 2021 2026,” ucap Sekdakab.

“Kami menyampaikan apresiasi untuk Tim Independen yang sudah bekerja keras untuk membangun model evaluasi dan standar baku pelayanan publik di Kabupaten Sijunjung untuk perbaikan mutu layanan kepada masyarakat ke depannya,” tambah Zefnihan.

“Selama penilaian berlangsung, kami tak pernah mengintervensi apapun hasil penilaian yang dilakukan Tim Independen terhadap 20 terbaik UKPP Sijunjung tahun 2021 ini,”ucap Edwin yang juga Asisten III Setdakab Sijunjung itu diamini Wandri Fahrizal, SH, Kabag Organisasi Setdakab Sijunjung.

Dalam penilaian itu, tim juga memberikan beberapa masukan dan catatan pada UKPP yang dinilai.

Untuk diketahui, Tim Penilaian KPP dan IPP Independen itu terbentuk atas dasar Surat Keputusan (SK) Bupati Sijunjung, bernomor; 188.45/30/KPTS-BPT -2021 tertanggal 4 Januari 2021 dengan Penanggungjawab Sekretaris Daerah, Zefnihan, AP, M.Si dan Ketua dijabat Asisten Arministrasi Umum, dr. Edwin Suprayogi, M.Kes dengan sekretaris Wandri Fahrizal, SH dengan anggota Tim Independen. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *