Tingkatkan Sektor Wisata, Wabup Pasaman Lepas Peserta Lomba Lintas Alam

PASAMAN,KABARDAERAH.COM – Wakil Bupati Pasaman Sabar AS Membuka Lansung Kegiatan Akbar Lomba Lintas Alam di Kampung Sungai Landai, Jorong II Sungai Pandahan Lubuk Sikaping  Kabupaten Pasaman Sumbar, kegiatan ini di gelar selama dua hari pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 20 – 21 November 2021.

Lomba Lintas Alam tersebut di prakarsai oleh pemuda setempat dan didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten  Pasaman melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Parawisata dan dibantu beberapa instansi lainnya.

Pada kesempatan tersebut tampak hadir, Waka Polres Pasaman, Danramil Lubuksikaping, Kepala OPD,Camat, Wali Nagari Sundata dan Niniak Mamak serta Tokoh Masyarakat setempat,

Ketua pelaksana ajang lintas Alam tersebut menyebutkan, kegiatan ini di ikuti oleh Provinsi Sumatera Barat dan Riau, sebelumnya sudah banyak yang mendaftar dari provinsi lain, namun karena ada penyekatan di Perbatasan terkait Protokol Kesehatan maka beberapa tim tersebut tidak dapat hadir dalam ajang ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan , bahwa kegiatan ini di ikuti oleh 17 ( Tujuh belas)  tim yang terdiri dari masing masing tim 4 orang di tambah 2 orang official dengan jarak tempuh lintas sepanjang 25 KM ( dua puluh lima ) kilo meter dengan rute melewati batang Panikin, banio randah, bendungan Padang Laweh, air terjun mudiak aia, puncak air terjun, pendakian menjelang makam puti sangka bulan, finis pertama di banio tinggi dan bermalam, paginya dilanjutkan ke puncak tonang dan di finish kembali ke sungai landai.

Kegiatan ini juga di bantu oleh tim rescue di bagi delapan tim dan bergabung dgn tim medis, Satpol PP dan panitia lokal, masing – masing tim stanbay pada posko yg telah ditentukan posko .

Wakil Bupati Pasaman Sabar .AS dalam sambutanya menyebutkan , Pemerintah Daerah sangat mendukung sepenuhnya kegiatan Lomba lintas Alam tersebut , hal itu terlihat dengan telah dilibatkan beberapa OPD untuk membantu kegiatan itu. Pemerintah daerah sangat bangga dengan apa yang telah di buat oleh pemuda setempat , dengan adanya lomba lintas alam ini tentu akan dapat memperkenalkan Wisata dan keindahan alam Kabupaten Pasaman ke daerah luar.

Momentum dengan terlaksananya kegiatan tersebut akan menjadi agenda kegiatan tahunan Pemerintah Daerah untuk  mendukung program visi dan misi pemerintah daerah dalam peningkatan sektor Pariwisata  guna mendukung ekonomi masyarakat, dan kedepan untuk peserta tidak hanya dari  Sumatera  kalau memungkinkan kita upayakan untuk memperlebar ke tingkat nasional,”harap  Wabup.

Selain itu katanya, Sektor Pariwisata di daerah ini akan terus di kembangkan, yang menjadi sentra wisata di Kabupaten Pasaman adalah Kecamatan Bonjol, hal ini dengan adanya banyak destinasi wisata seperti Tugu Khatulistiwa, Moseum Imam Bonjol, Benteng Imam Bonjol, Wisata Arung Jeram, dan Pusat Pembudi dayaan bunga Kaktus dan banyak yang lainya, Tambah Sabar AS.

Pasa kesempatan yang sama , salah seorang peserta Lintas Alam ini dari Klub Mapala  Semut Liar Pasaman Barat Kinali ” Irzan megatakan, kami dari seluruh tim sangat bersemangat untuk mengikuti iven lintas alam ini, dan ia berharap kegiatan yang sama akan terus di laksanakan dan terus di tingkatkan, “tutupnya.

 

Reporter : Yondra.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *