Catatan Wako Sawahlunto, Dalam Memajukan Songket Silungkang.

 

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.SiSSCa (Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnaval) Tahun 2021 telah selesai diselenggarakan, pada Selasa lalu (30/11) berpusat di Museum Goedang Ransoem, Sawahlunto.

Pelaksanaan SiSSCa pada tahun 2021 ini, masih dihadapi dalam kondisi masa pandemi COVID-19. Untuk itu, penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan regulasi lainnya, harus dilakukan.

Sehingga penyelenggaraan SiSSCa kali ini, dilakukan secara hybrid atau kolaborasi antara kegiatan secara langsung dan tidak langsung (online/daring).

Untuk iven SiSSCa dilaksanakan secara langsung dengan peserta dan panitia serta undangan yang dibatasi, dipastikan sudah divaksinasi dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, untuk penonton dapat menyaksikan secara tidak langsung atau online/daring melalui siaran live streaming yang ditayangkan melalui YouTube dan media sosial lainnya.

“Namun sungguhpun demikian, antusias masyarakat Kota Sawahlunto maupun di perantauan masih tetap sangat tinggi, melalui partisipasi menonton SISSCa ini walau tidak bisa menontonnya secara langsung. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penonton di YouTube dan media sosial yang cukup tinggi,” ungkap Wako Deri Asta seusai acara ultah Kota Sawahlunto (1/12).

Lebih lanjut Wako Sawahlunto menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, yang telah ikut membantu dan berkontribusi dalam menyukseskan iven SISSCa ini. Apalagi kepada masyarakat yang mendukung langsung iven kegiatan tahunan ini, kami aturkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi.

Semoga dengan terselenggaranya kembali iven yang menjadi ajang promosi bagi Songket Silungkang, akan terus berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan para pengrajin/penenun Songket Silungkang Sawahlunto.

Kita ketahui saat ini, Songket Silungkang telah semakin beragam produk turunannya. Bukan hanya sekedar untuk pakaian namun telah ada produk turunannya seperti tas, dompet, kerajinan cendera mata dan masih banyak lagi jenis produk lainnya.

Dengan munculnya berbagai variasi produk turunan Songket Silungkang ini, diharapkan dapat meningkatkan minat pasar dalam pemasarannya. Hal ini, yang menjadi catatan kita.

Lebih lanjut Wako Deri Asta menyatakan, “Pemko Sawahlunto akan terus berkomitmen serta secara berpihak akan mendukung peningkatan kualitas dan variasi produk Songket Silungkang dengan memfasilitasi berbagai kegiatan pelatihan dan bantuan lainnya,” pungkas Wako Sawahlunto Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *